Sanksi Amerika Bikin Produsen HP China Rugi

Sanksi Amerika Bikin Produsen HP China Rugi Kredit Foto: Shutterstock

Pengiriman ponsel pintar Apple melonjak 22% ke level tertinggi pada kuartal IV 2020; menyabet gelar produsen terbesar di dunia. Di sisi lain, pesaingnya mencatatkan penurunan penjualan.

Melansir Reuters, Kamis (28/1/2021), model, tampilan baru seri iPhone 12, serta ponsel 5G pertama Apple berhasil meningkatkan permintaan--khususnya di China.

Pengiriman Apple mencapai 90,1 juta ponsel; memberi Apple pangsa pasar 23,4%, berdasarkan riset IDC. "Di China, Apple memanfaatkan peluang sempurna merebut pangsa pasar Huawei di kelas atas; sebab perusahaan itu tak punya pasokan yang cukup guna memenuhi permintaan," jelas Pengamat Pasar Ponsel Pintar Canalys, Nicole Peng.

Baca Juga: Anak Buah Joe Biden: Kami Akan Lindungi Jaringan Telekomunikasi dari Ancaman ....

Baca Juga: Bank Sentral Singapura: Cryptocurrency Dapat Gantikan Emas, Asalkan ....

Data itu muncul setelah Apple melaporkan rekor penjualan, Rabu (27/1/2021) dengan pendapatan yang melampaui 100 miliar dolar AS. Penjualan di China melonjak 57%.

Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook mengatakan, "2 dari 3 ponsel terlaris di perkotaan China merupakan produk kami."

Apple menduduki posisi puncak di industri ponsel pintar, dengan Samsung Electronics di posisi kedua. Perusahaan Korea Selatan itu mencatatkan pertumbuhan 6,2% (YoY) menjadi 73,9 juta perangkat; memberi pangsa pasar 19,1%.

Di sisi lain, penjualan Huawei amblas 42,4% menjadi 32,3 juta--akibat sanksi dari Donald Trump dan jajarannya.

Berdasarkan data IDC, pengiriman Xiaomi melonjak 32%; begitu pula dengan Oppo yang mencatatkan kenaikan permintaan 10,7%. Di posisi kelima ada Huawei.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini