Sentimen Vaksinasi Angkat Proyeksi Pertumbuhan Global 2021

Sentimen Vaksinasi Angkat Proyeksi Pertumbuhan Global 2021 Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Dana Moneter Internasional (IMF) menilai kinerja pertumbuhan global pada tahun ini diprediksi bertumpu pada pemulihan perekonomian dan keberhasilan penanggulangan pandemi Covid-19. Implementasi program vaksinasi menjadi sentimen yang dinanti oleh para pelaku pasar.

“Jika anda bisa lebih berhasil dalam vaksinasi serta dukungan kebijakan tambahan yang diberikan maka hasil dapat meningkat. Tetapi di sisi lain jika terjadi perlambatan dalam peluncuran vaksin dan penarikan dukungan kebijakan yang terlalu dini bersamaan dengan virus yang bermutasi, maka hal itu pasti dapat menyebabkan hasil yang lebih buruk,” kata Kepala Ekonomi dan Direktur Departemen Riset IMF, Gita Gopinath pada Kamis, (28/1/2021).

Baca Juga: IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global jadi 5,5%

Dalam ramalan terbarunya, IMF menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 5,2% menjadi 5,5%. Untuk tahun depan, lembaga ini justru menurunkan proyeksi menjadi 4,2%.

Faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan IMF untuk menaikkan estimasi global antara lain  munculnya efek positif dari dimulainya vaksinasi di banyak negara. Di sisi lain dukungan kebijakan fiskal tambahan yang telah diberikan di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Jepang turut memberikan dampak positif.

Sementara itu konsisten dengan pemulihan aktivitas global, volume perdagangan global diperkirakan tumbuh sekitar 8% pada tahun 2021 sebelum moderat menjadi 6% pada tahun 2022.

"Namun, perdagangan jasa diperkirakan pulih lebih lambat daripada volume barang dagangan, yang sejalan dengan lemahnya lintas batas pariwisata dan perjalanan bisnis sampai transmisi menurun di mana-mana," jelasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini