Mendagri Tito Karnavian Optimis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bisa Ciptakan Herd Immunity

Mendagri Tito Karnavian Optimis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bisa Ciptakan Herd Immunity Kredit Foto: Antara/Abriawan Abhe

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian optimistis percepatan vaksinasi Covid-19 dapat menghasilkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Tito mengatakan itu di sela-sela persiapan Rapat Koordinasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19, Sabtu 30 Januari 2021.

“Vaksinasi ini tidak hanya sekadar untuk melakukan proteksi perorangan, tapi juga dalam rangka membangun kekebalan kelompok atau herd immunity. Prinsip herd immunity ini adalah minimal 2/3 dari populasi harus memiliki antibody pada time frame yang sama sehingga program vaksinasi ini kuncinya adalah kecepatan,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Baca Juga: Dapat 4 Vaksin COVID-19, Menkes Cerita Rebutan dengan Negara Lain

Oleh karena itu, sebagai negara yang menganut sistem desentralisasi, kata dia, butuh kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melaksanakan program vaksinasi dengan cepat, termasuk kerja sama dengan unit pemerintahan ditingkat desa.

“Harus ada kerja sama antara pusat dan daerah, karena kita memiliki sistem politik pembagian kekuasaan, ada pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, bahkan pemerintah desa. Kepala desanya adalah pejabat politik karena dipilih oleh rakyat dan memiliki anggaran sendiri (APBDes),” tutur Mendagri.

Menurut dia, kekompakan dalam menyukseskan program vaksinasi menjadi bagian yang tak kalah penting untuk dilakukan. Di bawah komando Menteri Kesehatan, semua stakeholder, kepala daerah dan otoritas daerah dan non pemerintah, dipandang perlu mendukung program vaksinasi agar masyarakat terbebas dari pandemi Covid-19.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini