Kapan Indonesia Komersialisasi Jaringan 5G? Ini Jawabannya ....

Kapan Indonesia Komersialisasi Jaringan 5G? Ini Jawabannya .... Kredit Foto: REUTERS/Steve Marcus

Jaringan 5G jadi hal biasa di sejumlah negara; karena ada lebih dari 35 negara yang sudah mengomersialisasikan telekomunikasi generasi ke-5 itu.

Bagaimana dengan di Indonesia? Smartfren berharap Indonesia bisa mulai komersialisasi jaringan 5G pada akhir 2021 atau awal 2022.

"Harapan saya sih akhir tahun ini atau awal tahun depan sudah bisa komersialisasi 5G," ujarĀ Deputy CEO Mobility Smartfren, Sukaca Purwokardjono, Kamis (4/2/2021) pada diskusi virtual Oppo 5G Academy.

Baca Juga: Saham Qualcomm Sempat Terguncang, Ternyata Karena Hal Ini!

Baca Juga: Alibaba Tawarkan Obligasi Rp70 T, Begini Panduan Awalnya

Smartfren sendiri telah menggelar uji coba 5G di kecepatan 5 GB (giga byte per seconds) di Marunda, Jakarta Utara. Menurut Sukaca, uji coba 5G itu menghasilkan pengalaman berbeda.

Ia juga mengatakan, "Kami sangat berharap pemerintah bisa segera rilis kebijakan 5G sehingga operator bisa menggelar jaringan 5G."

Dengan adanya jaringan 5G, masyarakat dapat menikmati internet dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah. Jika jaringan 5G sudah hadir di Indonesia, maka konsumen bisa menonton streaming kualitas 4k atau 8k tanpa hambatan.

"Saya yakin 5G akan jadiĀ new game changer yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," ujar Sukaca lagi.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini