Ini Deretan Keuntungan Jaringan 5G, Siap Sambut?

Ini Deretan Keuntungan Jaringan 5G, Siap Sambut? Kredit Foto: Reuters/Steve Marcus

Lebih dari 35 negara telah mengomersialisasi jaringan 5G. Namun, bagaimana dengan Indonesia yang masih ramai dengan pro-kontra? Memangnya, keuntungan apa yang bisa kita dapatkan dari jaringan 5G?

Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong menyebutkan beberapa potensi keuntungan kehadiran 5G di Tanah Air. Apa itu?

"Kita saat ini menuju Indonesia 4.0, hanya dapat berjalan jika ada teknologinya," begitu katanya, Kamis (4/2/2021) dalam gelaran Oppo 5G Academy.

Baca Juga: Kapan Indonesia Komersialisasi Jaringan 5G? Ini Jawabannya ....

Baca Juga: Saat Jaringan 5G Hadir, Apa Harga Paket Datanya Akan Mahal?

Apalagi, jaringan 5G memiliki karakteristik tersendiri. Dari mendorong kecepatan internet ke level giga byte per detik, hinggalatensi rendah--1 mili sekon. 2 karakteristik itu menguntungkan pengguna jaringan 5G.

Shannedy berujar, "Kalau untuk cloud gaming, itu sangat mudah dilakukan. Lalu, ada pula massive IoT (Internet of Things) yang menghubungkan miliaran perangkat."

Pada kesempatan yang sama, Manajer Humas Oppo Indonesia, Aryo Meidianto pun menyoroti penggunaan jaringan 5G dalam cloud gaming.

Sementara, bagi Deputy CEO Mobility Smartfren, Sukaca Purwokardjono mengklaim siap menerapkan 5G. Apalagi, perusahaan sudah menguji coba jaringan beberapa kali. Hasilnya, kecepatan jaringan 5G lebih cepat 10 kali lipat dari LTE.

Pihaknya mengklaim menunggu kebijakan turun dari sisi pemerintah guna mengomersialisasikan jaringan 5G di Indonesia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini