Akhirnya, Industri Ponsel Pintar Negara Ini Pulih

Akhirnya, Industri Ponsel Pintar Negara Ini Pulih Foto: Shutterstock

Pengiriman ponsel pintar China meningkat hampir 2 kali lipat pada Januari 2021 daripada tahun lalu, menurut data yang pemerintah terbitkan pada Selasa (9/2/2021).

Pengiriman ponsel pintar di China melonjak 94,3% setiap tahun, menjadi 39,6 juta perangkat pada Januari, menurut Akademi Informasi dan Komunikasi China, dilansir dari Warta Ekonomi, Selasa (9/2/2021).

"Angka itu naik dari 20,4 juta pada Januari 2020 dan lebih tinggi dari 32,1 juta pada Januari 2019, menunjukkan sektor ponsel pintar sudah kembali ke tingkat sebelum pandemi," kata lembaga tersebut.

Baca Juga: Borong Bitcoin Rp21 Triliun, Elon Musk Pede Bitcoin Bakal Diterima Masyarakat

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Tesla, Produsen Mobil yang Habis Borong Bitcoin

Sebelumnya, rantai pasokan dan perilaku konsumen mengguncang sektor ponsel pintar China saat COVID-19 merebak pada 2020. Akan tetapi, sektor itu telah bangkit kembali seiring dengan ekonomi yang membaik.

Analis memperkirakan, "Penjualan di China sebagian besar pulih pada 2021, tetapi sanksi AS terhadap Huawei membebani pengiriman ponsel pintar secara menyeluruh."

Pengiriman Huawei ke China turun 44% daripada tahun lalu, berdasarkan data riset Canalys.

Apple menjadi pihak yang untung karena kondisi tersebut; penjualannya di China melonjak setelah meluncurkan iPhone 12. Xiaomi Corp juga mencatatkan peningkatan penjualan, tetapi menurut analis, "Mereka perlu meningkatkan produksi untuk mengimbangi penurunan produksi model kelas atas Huawei."

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini