Dunia Masih Berjuang Lawan Covid, Instrumen Investasi Ini Bisa Banget Dikoleksi Guys!

Dunia Masih Berjuang Lawan Covid, Instrumen Investasi Ini Bisa Banget Dikoleksi Guys! Foto: Freepik

Meski sentimen positif mulai muncul, namun komunitas global saat ini masih terus berjuang mengatasi pandemi Covid-19 dan berusaha untuk memulihkan kondisi ekonomi yang terdampak. Dukungan fiskal dari pemerintah dan moneter dari bank sentral terlihat telah membawa ekonomi melalui titik terburuk akibat pandemi dan dengan dimulainya program vaksinasi di berbagai negara juga memberikan harapan bahwa pandemi ini akan segera berakhir. Meski demikian, masih banyak ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 dan investor dituntut lebih bijak dalam melakukan investasi. ORI019 dapat menjadi alternatif pilihan instrumen investasi yang layak dikoleksi. 

Chief of Retail & SME Business Bank Commonwealth Ivan Jaya menyebutkan bahwa pasar obligasi mencatatkan kinerja yang cemerlang pada tahun 2020 yang didorong oleh pemotongan suku bunga Bank Indonesia sebanyak 125bps sepanjang tahun lalu. Meskipun tahun ini Bank Indonesia diperkirakan tidak akan melakukan pemotongan suku bunga seagresif tahun lalu tapi pasar obligasi domestik masih dapat dikatakan cukup menarik. 

“Salah satu faktornya adalah real yield (yield-inflasi) yang ditawarkan obligasi Indonesia masih terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan real yield yang ditawarkan oleh negara emerging market lainnya. Hal tersebut dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi investor asing untuk menjadikan obligasi Indonesia sebagai instrumen investasi di portofolionya di tengah banyak negara maju yang menawarkan negative yield. Diperkirakan tahun ini pasar obligasi akan diuntungkan oleh aliran dana asing yang mencari yield yang lebih tinggi di negara emerging market,” jelas Ivan.

Baca Juga: Tips Berinvestasi di Pasar Modal Supaya Gak Asal Beli! 

Melalui ORI019, Pemerintah Indonesia mengajak publik untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19. Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI019 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2021, termasuk pembiayaan dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19. 

Ivan mengungkapkan bahwa ORI019 ini layak dikoleksi karena ORI019 merupakan investasi yang dijamin oleh Pemerintah melalui Undang-Undang, nominal pembelian yang relatif terjangkau mulai dari Rp 1 juta, tingkat kupon 5,57% per tahun yang cukup menarik di tengah kondisi suku bunga acuan BI 7 DRR Rate di 3,75% dan pembayaran kupon yang dilakukan secara bulanan, dengan fitur tradeable yang dimiliki ORI019 juga membuat adanya potensi capital gain ketika diperdagangkan di pasar sekunder setelah masa holding period.

“Dengan fitur tradeable ini, tingkat likuiditas produk ini menjadi lebih likuid karena dapat diperdagangkan di setiap hari kerja bursa setelah melewati masa minimum holding period. Selain itu, tingkat kuponnya juga relatif menarik jika dibandingkan dengan obligasi pemerintah dengan tenor yang sama. ORI019 memberikan premium yield rata-rata 0,46% lebih tinggi dari obligasi pemerintah dengan tenor yang sama,” terang Ivan. 

Baca Juga: 3 Tips Investasi Emas Secara Online

Ivan melanjutkan, ORI019 ini cocok untuk investor pemula karena relatif terjangkau, aman atau risk free, dan karena fiturnya yang mirip dengan deposito, ORI019 ini jauh lebih menarik dari dengan tingkat bunga yang ditawarkan lebih tinggi serta pajak yang dikenakan atas kupon lebih rendah yakni hanya 15% dibandingkan 20% untuk pajak bunga deposito. 

Ivan juga menambahkan, untuk investor yang berpengalaman, ORI019 juga tetap layak untuk dikoleksi. Dalam kondisi ekonomi yang masih banyak ketidakpastian akibat pandemi Covid-19, diversifikasi portfolio investasi sangat penting untuk diperhatikan. “Instrumen investasi fixed income dapat dipertimbangkan untuk menjadi inti di dalam portofolio karena memberikan tingkat pengembalian yang tetap di tengah ketidakpastian,” kata Ivan. 

Masa penawaran ini masih dibuka hingga 18 Februari mendatang. Bank Commonwealth memfasilitasi masyarakat yang ingin berinvestasi ORI019 melalui aplikasi CommBank SmartWealth. Untuk nasabah yang belum memiliki aplikasi ini, bisa langsung unduh dan register untuk mendapatkan e-voucher senilai Rp 50 ribu. “Kami melihat biasanya tren pembelian ORI019 akan meningkat secara pesat di periode akhir masa penjualan. Jadi, jangan sampai ketinggalan sebab animo pembelian ORI sebelumnya sangat positif dari masyarakat,” tutup Ivan. a

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini