Puji Tuhan Sukses Amankan Vaksin, 9 Juta Rakyat Ethiopia Akhirnya Bisa Diimunisasi

Puji Tuhan Sukses Amankan Vaksin, 9 Juta Rakyat Ethiopia Akhirnya Bisa Diimunisasi Foto: Reuters

Ethiopia telah mendapatkan sembilan juta dosis vaksin Covid-19 hingga April, dan berharap bisa memberikannya kepada sedikitnya seperlima dari 110 juta populasinya pada akhir tahun ini.

"Untuk saat ini hingga April kami telah mengalokasikan hampir sembilan juta dosis," kata Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga: Puji Tuhan, Afrika Diguyur Hampir 100 Juta Vaksin Corona dari COVAX

"Dalam tahun ini kami ingin memastikan kami mendapatkan sedikitnya 20 persen dari populasi," kata dia kepada Reuters.

Ethiopia terbuka untuk menerima sumbangan vaksin, tambah Lia, dan mengatakan negara itu tidak melakukan pengadaan dosis secara mandiri tetapi hanya melalui Fasilitas COVAX. Lia tidak merinci vaksin mana yang akan diterima Ethiopia melalui COVAX.

"Kami tidak mendapatkan vaksin khusus, yang kami dapatkan berdasarkan ketersediaan fasilitas COVAX," ujar dia.

Lebih dari 142.000 orang Etiopia dinyatakan positif Covid-19 dengan lebih dari 2.100 meninggal dunia karena penyakit tersebut, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

COVAX dipimpin bersama oleh WHO, Aliansi Vaksin Global (GAVI), Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), dan Dana Anak-anak PBB (UNICEF).

Negara-negara Afrika berjuang keras untuk mendapatkan pasokan vaksin Covid-19 bagi 1,3 miliar populasi mereka, bahkan ketika negara-negara kaya di belahan lain di dunia berpacu dengan kampanye imunisasi massal.

Hanya sedikit negara di benua itu yang mulai memberikan vaksin.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini