Apa Itu Makroekonomi?

Apa Itu Makroekonomi? Foto: Sufri Yuliardi

Makroekonomi adalah cabang ekonomi yang mempelajari bagaimana perekonomian secara keseluruhan, baik pasar atau sistem lain yang beroperasi dalam skala besar. Makroekonomi mempelajari fenomena ekonomi secara luas seperti inflasi, tingkat harga, tingkat pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, produk domestik bruto (PDB), dan perubahan pengangguran.

Makroekonomi mencoba mengukur seberapa baik suatu perekonomian berkinerja, untuk memahami kekuatan apa yang mendorongnya, dan untuk memproyeksikan bagaimana kinerja dapat meningkat.

Makroekonomi berkaitan dengan kinerja, struktur, dan perilaku ekonomi secara keseluruhan, berbeda dengan ekonomi mikro, yang lebih fokus pada pilihan yang dibuat oleh masing-masing pelaku ekonomi (seperti orang, rumah tangga, industri, dll).

Baca Juga: Apa Itu Ijarah?

Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat perusahaan, dan pasar. Makroekonomi juga dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Kebijakan ekonomi makro yang dilakukan negara dilaksanakan oleh pemerintah dan swasta. Dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang timbul. Masalah timbul dalam perekonomian, di mana pemerintah sebagai regulatornya dan swasta sebagai pelaksananya.

Area Makroekonomi

Ekonomi makro adalah bidang yang luas, tetapi dua are ini mewakili disiplin makroekonomi. Area pertama adalah faktor-faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi jangka panjang, atau peningkatan pendapatan nasional. Yang lain melibatkan penyebab dan konsekuensi fluktuasi jangka pendek dalam pendapatan dan lapangan kerja nasional, yang juga dikenal sebagai siklus bisnis.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini