Kisah Orang Terkaya: Gordon Moore, Ilmuwan yang Dirikan Intel Corporation

Kisah Orang Terkaya: Gordon Moore, Ilmuwan yang Dirikan Intel Corporation Foto: Twitter/Forbes

Kisah orang terkaya kali ini adalah sosok penemu yang mungkin kamu gunakan di komputer rumah-rumahmu. Ialah Gordon Moore, sang pendiri Intel Corporation. Dia telah menjadi sosok instrumental dalam dunia teknologi dan telah mencapai banyak penghargaan dengan usahanya yang luar biasa.

Moore adalah tokoh kunci dalam pengembangan elektronik semikonduktor, memberikan kontribusi besar pada asal dan kesempurnaan sirkuit terintegrasi (IC) sebagai teknologi yang layak. Bersama Robert Noyce dan yang lainnya, dia mendirikan Fairchild Semiconductor Corporation pada tahun 1957, di mana dia mengimplementasikan konsep Noyce untuk membuat cluster nirkabel dari transistor yang merupakan ide dasar dari IC, atau chip.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Joseph Tsai, Sobat Jack Ma yang Berkontribusi Besar Sukseskan Alibaba

Moore lahir di Fransico, California pada 3 Januari 1929. Ia menyelesaikan kuliahnya di University of California, Berkeley, dan pada tahun 1950 menyelesaikan gelar B.Sc. gelar dalam bidang kimia.

Segera setelah itu, dia bergabung dengan California Institute of Technology (Caltech) di mana dia mengejar gelar PhD di bidang kimia dengan jurusan fisika dan lulus pada 1954. Pada 1953 hingga 1956, Moore terlibat dalam penelitian pascadoktoral yang dia lakukan di Laboratorium Fisika Terapan dari Universitas John Hopkins yang berlokasi di Baltimore.

Setelah itu, dia berkolaborasi dengan fisikawan William Shockley dan bekerja dengannya di Laboratorium Semikonduktor Shockley yang merupakan bagian dari perusahaan Instrumen Beckman.

Tetapi kemudian dia pergi dengan 'delapan pengkhianat' yang mendapat dukungan dari penemu dan pengusaha Amerika Sherman Fairchild. Perusahaan 'Fairchild Semiconductor' dibentuk dan delapan orang ini terlibat di dalam perusahaan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini