BPDPKS Siap Kucurkan Pembiayaan untuk Tes DNA Bibit Kelapa Sawit

BPDPKS Siap Kucurkan Pembiayaan untuk Tes DNA Bibit Kelapa Sawit Foto: Antara/FB Anggoro

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Eddy Abdurrachman, mengatakan bahwa pihaknya berencana memberikan dukungan dana pembiayaan untuk pengetesan bibit tanaman kelapa sawit. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung hasil produktivitas yang lebih tinggi.

"BPDPKS ke depan mungkin akan memberikan dukungan pembiayaan untuk pengetesan atau tes DNA kepada bibit-bibit tanaman kelapa sawit ini," kata Eddy dalam webinar nasional Strategi Penguatan Kebijakan Pengelolaan Sawit Secara Berkelanjutan, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Pembina POPSI: Petani Kelapa Sawit Siap Bekerjasama Lawan Isu Negatif

Eddy menuturkan, rencana tersebut sejalan dengan fungsinya untuk mendukung peningkatan produktivitas, khususnya di perkebunan sawit rakyat.

"Sehingga betul-betul bibit yang dipakai oleh petani khususnya perkebunan sawit rakyat benar-benar berkualitas dan bersertifikat sehingga bisa menghasilkan tanaman dengan produktivitas tinggi," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Ahli Bionergi Indonesia (IKABI), Tatang H Soerawidjaja, mengatakan bahwa BPDPKS berperan untuk memastikan bibit berkualitas. Rendahnya produk petani, katanya, disebabkan kualitas bibit yang kurang baik.

"Ini menjadi salah satu yang ditangani BPDPKS agar petani mendapatkan bibit yang bagus. Tidak ada artinya pelihara pohon yang tidak ada buahnya," kata Tatang, Rabu (10/2/2021).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini