Bisa Saja BPN Batalkan Akta Jual Beli Tanah Ibu Dino Patti Djalal, Asal...

Bisa Saja BPN Batalkan Akta Jual Beli Tanah Ibu Dino Patti Djalal, Asal... Kredit Foto: Twitter @dinopattidjalal

Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyebut transaksi jual beli dari sertifikat tanah milik ibunda Dino Patti Djalal bisa dibatalkan. Namun, hal tersebut setelah proses penyelidikan dilakukan dan dinyatakan ada pelanggaran.

Direktur Jenderal Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Kementerian ATR, Raden Bagus Agus Widjayanto, mengatakan bahwa pihaknya dapat membatalkan akta jual belinya, dan status tanah dapat kembali menjadi sertifikat asli atas nama milik.

Baca Juga: Dino Patti Djalal Temui Kepala BPN, Warganet: Berantasss Mafia...

"Jika terbukti ada pelanggaran, mereka adalah korban (pihak Dino Patti Djalal) bisa menuntut pelaku untuk mengganti kerugian atau melakukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha terhadap Kementerian ATR/BPN dalam hal apabila ada pembatalan sertifikat," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/2/2021).

Agus menjelaskan, jika melihat dari sisi hukum administrasi pertanahan, tidak ada yang salah karena pengalihan sertifikat sudah sesuai dengan prosedur.

"Ada pengecekan sertifikat, sertifikat sesuai dengan apa yang ada pada buku tanah. Kemudian akta jual beli dan dibayarkan, dari sisi administrasi pertanahannya sudah sesuai dengan prosedur administrasi yang berlaku," jelasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini