Sedih! Ritual Imlek Mandi Sumur Keramat di Vihara Gayatri Depok Sepi

Sedih! Ritual Imlek Mandi Sumur Keramat di Vihara Gayatri Depok Sepi Kredit Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha

Suasana berbeda dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Tionghoa pada perayaan Imlek 2572, Jumat (12/2/2021). Itu akibat pandemi COVID-19.

Sejumlah doa dan harapan pun dipanjatkan pada momen tersebut. Umumnya, tentu saja berharap pandemi ini segera berlalu.

Baca Juga: Silken Tahoo Curi Perhatian Penikmat Kembang Tahoo di Kala Imlek

"Harapannya Corona hilang, jadi kita bisa kaya dulu lagi. Sedih pastilah," ucap Cindi, salah satu jemaat yang ditemui di Vihara Gayatri, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat.

Gadis remaja ini mengaku perayaan Imlek tahun ini sangat berbeda dengan biasanya. Suasana vihara jauh lebih sepi.

Hal tersebut juga dirasakan sejumlah masyarakat Tionghoa lainnya.

"Biasanya dari pagi sampai sore empat ratusan orang yang datang. Kalau sekarang, dua ratus orang juga enggak ada. Menurunlah," kata Pengurus Vihara Gayatri, Darmawan

Pria 60 tahun itu menegaskan, dalam segi prosesi ritual tidak ada yang berbeda. Hanya saja, jamaat yang datang wajib mematuhi protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Istilahnya diaturlah, kita tidak menyalahi prokes (protokol kesehatan)," katanya. Pada perayaan Imlek tahun ini, Darmawan pun berdoa agar pandemi COVID-19 cepat berlalu.

Sementara itu, Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Imran Edwin Siregar mengatakan, pihaknya telah mengerahkan sejumlah personil untuk bersiaga di sejumlah vihara di Kota Depok.

"Pengamanan tetapi kita lakukan artinya kegiatan itu tetap dilaksanakan, tapi tetap kita ikuti aturan pemerintah terkait prokes COVID-19," katanya saat meninjau langsung proses pelaksaan ibadah di Vihara Gayatri

Lebih lanjut ia menegaskan, tidak ada larangan dalam ibadah.

"Sembahyangnya silahkan, hanya saja perayaannya jangan ada eforia, di rumah saja. Jadi ibadah terlaksana, dan masyarakat tetap aman," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini