Simak Sejumlah Langkah Anies Jadikan Jakarta Berketahanan Iklim dalam 10 Tahun

Simak Sejumlah Langkah Anies Jadikan Jakarta Berketahanan Iklim dalam 10 Tahun Foto: Instagram Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paparkan sejumlah langkah menjadikan Jakarta menjadi kota berkepanjangan iklim pada 2030 mendatang. Untuk mencapai visi menjadi kota berketahanan tersebut, Anies berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Hal itu dituliskan Anies dalam laman instagramnya @aniesbaswedan Sabtu (13/2/2021). Dalam tulisan itu, Anies menjelaskan, Jakarta ditargetkan menjadi kota berketahanan iklim pada tahun 2030, baik secara mitigasi bencana maupun kesiapan untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

Pada 25 Januari 2021, Jakarta bergabung dalam program 1000 Cities Adapt Now #1000CAN. Program ini bagian dari kegiatan Climate Adaptation Summit 2021, forum virtual yang dihadiri Walikota Rotterdam, Mr. Aboutaleb, Sekretaris Jenderal ke-8 PBB, YM. Ban Ki-Moon serta berbagai pemimpin institusi, negara, kota, komunitas, sektor swasta, dan masyarakat umum yang berasal lebih dari 50 negara.

Baca Juga: Diprediksi Tak Bakal Ikut Pilgub Lagi, Anies Baswedan Mah Levelnya Nyapres 2024

Sepuluh tahun dari sekarang, Jakarta akan menjadi center of excellence dalam menanggulangi dampak perubahan iklim, mitigasi bencana hingga proses pemulihan pasca krisis baik di tingkat regional, nasional, dan global. Pemprov DKI Jakarta juga menempatkan aksi penanggulangan dampak perubahan iklim sebagai prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota (2018-2022) dan Aksi Strategis Kota.

"Untuk mencapai visi menjadi kota berketahanan tersebut, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dari berbagai sektor, entitas swasta, dan organisasi non-pemerintah," seperti yang dikutip.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini