Joe Biden Mau Bungkam Kim Jong Un Beserta Program Nuklirnya yang Semakin Mengkhawatirkan Dunia

Joe Biden Mau Bungkam Kim Jong Un Beserta Program Nuklirnya yang Semakin Mengkhawatirkan Dunia Foto: Reuters/KCNA

Amerika Serikat (AS) memandang program senjata nuklir dan rudal balistik Korea Utara (Korut) sebagai prioritas mendesak yang perlu ditangani. Washington tetap berkomitmen untuk mendorong Pyongyang melakukan denuklirisasi.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengungkapkan kurangnya keterlibatan langsung pemerintahan Presiden Joe Biden dengan Korut seharusnya tidak dilihat sebagai indikasi bahwa tantangan yang ditimbulkan program senjatanya bukanlah prioritas. "Faktanya sangat banyak," ujarnya pada Jumat (12/2/2021).

Baca Juga: Duh, Mantan Diplomat Beberkan Alasan Mengapa Kim Jong-un Sulit Lepas Nuklir

Baca Juga: Dengan Lenyapnya Trump dari Muka AS, Kim Jong-un Sadar Telah Dukung Orang yang Salah

Baca Juga: Takut Kekuatan Korut, Presiden Korsel Minta Joe Biden Turun Tangan Hadapi Kim Jong-un

Menurut dia, Korut terus membuat kemajuan dalam program nuklir dan misilnya dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu menjadi alasan mengapa AS memandangnya sebagai prioritas mendesak bagi AS.

"Kami berkomitmen untuk tangani bersama dengan sekutu dan mitra kami. Premis utamanya adalah kami tetap berkomitmen untuk denuklirisasi Korut," kata Price.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini