Biar Survei yang Berbicara: Kinerja Anies Bagus, Bawa Perubahan buat DKI!

Biar Survei yang Berbicara: Kinerja Anies Bagus, Bawa Perubahan buat DKI! Foto: Viva

Lembaga media survei nasional (Median) merilis hasil riset terbarunya terkait persaingan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Nama gubernur saat ini, Anies Baswedan masih jadi kandidat terkuat menurut survei.

Direktur Riset Median, Ade Irfan Abdurrahman menjelaskan dalam survei, ada temuan menyangkut pilihan publik warga DKI untuk Pilbub DKI. Tiga nama muncul yaitu Anies, lalu Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.

Ade melanjutkan ada beberapa alasan responden memilih Anies karena kinerja bagus 18,6 persen, religius 11,9 persen, membawa perubahan 5,2 persen, melanjutkan program 3,1 persen, cerdas 2,6 persen, hingga tata kota menarik 2,1 persen.

Baca Juga: Persaingan Sengit: Anies Baswedan Teratas, Risma Naik Pesat

"Alasan tertinggi karena kinerja bagus, religius, dan Anies dianggap mampu membawa perubahan untuk Jakarta. Alasan itu terlihat juga karena membangun infrastruktur," kata Ade dalam paparannya secara virtual melalui zoom, Senin, 15 Februari 2021.

Untuk nama Risma jadi kandidat selain Anies karena dianggap punya kinerja bagus selama menjabat Wali Kota Surabaya dan sebagai Menteri Sosial dengan 14,9 persen. Politikus PDIP itu juga dinilai rajin blusukan dengan 11,7 persen. Selain itu, Risma dianggap cepat tanggap dengan 8,5 persen, tegas 7,4 persen.

"Risma itu punya blusukan mengikuti Jokowi. Kinerja beliau juga gabungan antara Surabaya dengan sebagai Mensos," jelas Ade.

Pun, untuk Sandiaga Uno dipilih responden karena statusnya pengusaha dengan 22,8 persen, muda 9,1 persen. membuka lapangan kerja 9,1 persen, peduli 4,5 persen, hingga berpengalaman 4,5 persen. "Itu alasan responden kenapa anda memilih Sandiaga Uno," tutur Ade.

Dia menambahkan dalam survei ada temuan aspek elektabilitas head to head antara Anies dengan Risma. Pertanyaan yang diajukan kepada responden ‘Jika Pilgub DKI saat ini, dari nama Anies dan Risma siapa yang Anda pilih jadi Gubernur DKI Jakarta?’

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini