Bos XL Axiata Bicara Soal Konsolidasi Operator di Indonesia, Gini Katanya

Bos XL Axiata Bicara Soal Konsolidasi Operator di Indonesia, Gini Katanya Foto: Sufri Yuliardi

Direktur Utama PT XL Axiata Tbk (EXCL), Dian Siswarini menyatakan bahwa pihaknya melihat bahwa ada sejumlah peluang positif yang bisa dimanfaatkan perseroan di dalam perklembangan Industri Telekomunikasi Indonesia.

"Salah satunya adalah terkait kemungkinan terjadinya konsolidasi operator, di mana hal tersebut akan membawa dampak yang menyehatkan Industri Telekomunikasi secara umum," ucapnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (15/2/2021).

Lelbih lanjut Ia menuturkan jika cara kerja digital, sekolah, dan kehidupan sehari-hari akan menciptakan permintaan data dalam jangka panjang. Peluang lainnya berupa peningkatan permintaan layanan fixed broadband (FTTH), di mana XL Axiata telah memiliki layanan XL Home dengan area layanan yang terus meningkat, serta sambungan yang terus bertambah. 

Baca Juga: Siap Sediakan Jaringan 5G, XL Axiata Lakukan Uji Coba

"XL Axiata juga melihat adanya momentum kuat di tahun ini untuk terus memperluas jaringan di luar Jawa sebagai investasi berkelanjutan," terangnya. 

Dalam melaksanakan transformasi digital dalam operasional perusahaan, XL Axiata telah menjalankan sejumlah inisiatif yang strategis. Selain implementasi platform Zero Touch Operation, inisiatif yang telah diimplementasikan antara lain Google Cloud - Hybrid-Cloud?, Cloud Core 5G-Ready, Customer Identity and Access Management (CIAM), SAP S/4 HANA Cloud, Omnichannel Customer Value Management (CVM), dan Multi Channel Campaign Management (MCCM).

Baca Juga: XL Gelontorkan Dana Miliaran Rupiah Buat Tambah Modal Anak Usaha di Bidang Data Center

Sementara itu, guna menyiapkan jaringan menuju 5G, XL Axiata juga terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan. Fiberisasi ini untuk mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar.

“Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming.,” pungkasnya. a

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini