Ada Pembelot Kim Jong-un Ditangkap Militer Korsel di Perbatasan

Ada Pembelot Kim Jong-un Ditangkap Militer Korsel di Perbatasan Foto: Unsplash/Thomas Evans

Militer Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (16/2/2021) mengatakan bahwa mereka telah menangkap seorang warga Korea Utara (Korut) yang melintasi perbatasan. Orang yang ditangkap itu diduga membelot dari rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korea Utara.

Perbatasan kedua negara yang dilintasi warga Korut itu dijaga ketat. Dugaan pembelotan itu merupakan aksi langka tengah pandemi virus corona baru (COVID-19).

Baca Juga: Dana Lebih dari Rp4,2 Triliun Sukses Dikantongi Peretas Korut, Ternyata Dipakai untuk...

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel, dalam sebuah pernyataan, mengatakan warga Korut itu ditemukan pada Selasa pagi di dekat pos pemeriksaan di sisi timur Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea. Kemunculan orang itu mendorong militer Korsel melakukan operasi pencarian yang mendesak.

"Kami telah menahan individu tak dikenal ini dan sedang melakukan penyelidikan," kata JCS, seperti dikutip Reuters.

Pelintasan perbatasan jarang terjadi ketika penguncian wilayah berkepanjangan oleh Korea Utara. Langkah itu telah menurunkan jumlah pembelot yang tiba di Korea Selatan hingga ke level terendah sejak tahun lalu.

Sekitar 200 warga Korea Utara menetap di Korea Selatan pada tahun lalu, turun sekitar 80 persen dari 2019. Data itu bersumber dari Menteri Unifikasi Lee In-young.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini