Bangun UMKM, Askrindo Dukung Usaha Peternakan Lebah Hutan di Batang

Bangun UMKM, Askrindo Dukung Usaha Peternakan Lebah Hutan di Batang Foto: Antara/Dok. Askrindo

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo yang merupakan anggota dari Indonesia Financial Group (IFG) membantu usaha para peternak lebah hutan yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Alam Roban di Desa Kedawung, Batang, Jawa Tengah.

Dalam rangka menyambut usia yang ke-50 tahun pada 6 April nanti, Askrindo konsisten menjadi agen pembangunan dalam mendukung UMKM, baik melalui bidang usahanya maupun kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Baca Juga: Hilangkan Rasa Sedih dengan Membaca Dongeng, Askrindo Hibur Anak-Anak Korban Longsor

Dengan semangat membangun dan memandirikan UMKM, Askrindo menyerahkan bantuan sarana peningkatan produksi madu kepada 17 peternak lebah yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Alam Roban. Bantuan yang diserahkan berupa sejumlah kotak sarang lebah, tangga untuk menggantungkan kotak sarang di atas pohon dan topi pelindung.

"Program ini nantinya akan dilakukan monitoring, dan pendampingan secara periodik untuk membantu para peternak KTH Alam Roban dalam meningkatkan kualitas produksi. Sehingga usaha petani madu lebah hutan akan semakin mandiri," kata Direktur Kepatuhan dan SDM Askrindo Kun Wahyu Wardana dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Kun Wahyu mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Askrindo ini juga merupakan program yang berkelanjutan di bidang pemberdayaan masyarakat dan sesuai dengan SDG's No. 8, yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi yang eksklusif dan berkelanjutan.

Askrindo melihat potensi petani lebah di Desa Kedawung cukup besar dan jika dibina dengan baik akan meningkatkan perekonomian desa tersebut.

Sebagai informasi, KTH Alam Roban adalah kelompok peternak lebah di Hutan Roban yang beranggotakan 17 peternak. Berdiri sejak 2017, KTH Alam Roban adalah salah satu dari beberapa KTH di wilayah Batang yang terbilang aktif.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini