Vaksinasi Tahap Dua Mulai Besok, Pedagang Pasar Tanah Abang Masuk Daftar

Vaksinasi Tahap Dua Mulai Besok, Pedagang Pasar Tanah Abang Masuk Daftar Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Pemerintah sudah menetapkan golongan-golongan yang akan mendapatkan vaksin pada vaksinasi kedua. Besok, pedagang di Pasar Tanah Abang akan mendapat jatah vaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 tahap kedua akan segera dimulai dengan sasaran vaksinasi kepada Petugas Pelayanan Publik termasuk pedagang pasar, guru, petugas transportasi publik dan lain-lain, serta juga kelompok masyarakat lanjut usia (60 tahun ke atas).

Baca Juga: Bio Farma Segera Distribusikan 7,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 di Februari 2021

"Tanggal 17 Februari 2021 kita sudah memulai vaksinasi kepada petugas pemberi pelayanan publik, dalam hal ini kita memulai kepada para pedagang pasar," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam siaran daring yang digelar KPCPEN, Selasa (16/2/2021).

Agar tidak kaget, Siti mengatakan sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat yang masuk dalam golongan vaksinasi kedua. Adapun sosialisasi dilakukan dengan bentuk jingle dan iklan layanan masyarakat.

Kelompok masyarakat yang masuk dalam prioritas vaksinasi tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan tertular dan menularkan virus COVID-19.

Ketika kelompok prioritas ini terlindungi lewat vaksinasi, maka Indonesia dapat menurunkan laju penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit, serta membantu tenaga kesehatan.

Tahap pertama vaksinasi COVID-19 yang menyasar pada tenaga kesehatan menunjukkan hasil yang memuaskan. Cakupan sudah lebih dari 70 persen tercapai dan tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius.

Adapun menurut Siti, vaksin diberikan dengan porsi 70 persen menyasar pada pulau Jawa dan Bali.

 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini