Simak Baik-baik.. Dugaan Gejala Baru Covid-19, Ini Tandanya: Hilang Fokus, Gelisah Hingga...

Simak Baik-baik.. Dugaan Gejala Baru Covid-19, Ini Tandanya: Hilang Fokus, Gelisah Hingga... Kredit Foto: RNI

Satuan Tugas Covid-19 kembali menemukan gejala baru terkait Covid-19. Koordinator Program Psikologi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Endang Mariani mengatakan gejala tersebut adalah Delirium.

Endang memaparkan dalam diskusi, ada beberapa gejala seseorang mengalami Delirium. Menurutnya beberapa efeknya yakni kesulitan untuk fokus, daya ingat menurun, sering gelisah, sering melamun, berhalusinasi, dan mudah tersinggung.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Sebut Wajar Seseorang Alami PTSD Selama Pandemi, Usia Muda Mayoritas

Meski demikian Endang mengatakan pihaknya masih mendalami apakah Delirium pasti dialami oleh orang yang terjangkit virus Covid-19 atau yang terpapar.

"Bisa juga ini terjadi pada orang-orang yang tidak terdampak, itu juga ada," ujar Endang dalam diskusi yang digelar BNPB secara daring, Rabu (17/2/2021).

Endang menekankan, masih perlu pendalaman apakah Delirium hanya berdampak pada aspek psikologis atau juga berdampak ke aspek medis.

"Kita perlu memperjelas apakah ini betul-betul aspek psikologis, ataukah memang ada aspek medis. Aspek fisik yang mungkin memang punya dampak, bisa cukup panjang jangka waktunya," ujarnya.

Studi terdahulu menurut Endang menunjukkan adanya beberapa gejala pada penyintas seperti sesak nafas meski sudah sembuh, suasana hati terganggu, dan merasa sendiri.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini