Erick Thohir Bakal Bikin Holding BUMN Pangan, Perum Perindo Siap Jadi Persero

Erick Thohir Bakal Bikin Holding BUMN Pangan, Perum Perindo Siap Jadi Persero Kredit Foto: WE

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) akan melakukan perubahan bentuk badan hukum usaha dari sebelumnya Perum menjadi Persero. Perubahan ini merupakan bagian dari rencana penggabungan BUMN ini dalam Holding Pangan.

Corporate Secretary Perum Perindo Boyke Andreas mengatakan bahwa aksi korporasi ini dilakukan meningkatkan kinerja perusahaan, peningkatan efisiensi, transparansi dan profesionalisme Perindo sehingga menjadi BUMN yang sehat.

Baca Juga: Energi Kita Indonesia Siap Dukung BUMN Cari Logam Langka

"Pertimbangan lainnya, perubahan badan hukum juga diharapkan dapat meningkatkan peran Perindo dalam Holding BUMN Pangan, khususnya dalam sektor pangan, sehingga dapat mewujudkan rencana pemerintah dalam menciptakan ketahanan pangan nasional," kata Boyke dalam keterangan pers, Rabu (17/2/2021).

Boyke menuturkan, untuk itu perusahaan akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk pergantian badan hukum ini akan dilakukan pada Maret 2021.

Adapun aksi korporasi ini dilakukan untuk mendorong Perindo untuk fokus kepada aspek komersial untuk meningkatkan laba perusahaan. Nantinya akan terjadi perubahan dari segi permodalan, modal perusahaan akan terdiri dari saham Seri A Dwiwarna dan saham Seri B.

"Kegiatan rencana perubahan badan hukum dari Perum ke Persero ini merupakan persyaratan rencana merger Perindo dengan Perinus. Ini juga merupakan bagian dari rencana pembentukan Holding Pangan," tuturnya.

Pembentukan holding BUMN Industri Pangan ini diatur dalam surat dari Menteri BUMN bernomor S-1131/MBU/12/2020 tanggal 1 Desember 2020.

Saat ini Perindo bergerak dalam empat segmen usaha antara lain pelabuhan, budidaya, penangkapan, dan perdagangan ikan. Perusahaan ini menjadi satu-satunya BUMN yang menjalankan usaha pengelolaan pelabuhan perikanan.

Bisnis yang dijalankan terdiri dari delapan sub segmen, yaitu penjualan es, jasa pelayanan cold storage, pelayanan pengolahan ikan, jasa pelayanan tambat labuh, sewa ruang dan bangunan, pelayanan listrik, air, BBM, jasa bengkel dan dok, perdagangan produk perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Perum Perindo merupakan anggota dari BUMN Klaster Pangan yang dipimpin oleh PT RNI (Persero).

Sedangkan anggotanya antara lain Perum Perindo, PT Berdikari (Persero), BGR Logistic, PT Garam (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Pertani (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), dan PT Sang Hyang Seri (Persero).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini