Demi Percepat Pemulihan Ekonomi, UMKM Dukung Vaksinasi Tahap Kedua

Demi Percepat Pemulihan Ekonomi, UMKM Dukung Vaksinasi Tahap Kedua Foto: Sufri Yuliardi

Sebanyak 15 ribu pedagang pasar di pasar Tanah Abang menerima vaksinasi COVID19, Rabu (17/2). Proses pemberian vaksinasi ini menandai program vaksinasi tahap kedua bagi kelompok masyarakat yang tergabung dalam petugas pelayanan publik dan lanjut usia (lansia). Secara total, jumlah penerima vaksinasi pada tahap kedua ini bakal mencapai 38,5 juta orang, yang terdiri dari 16,9 juta pekerja pelayanan publik dan 21,5 juta lansia. “Kita hampir selesai untuk vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan dan akan mulai untuk  tahap kedua bagi pelayan publik dan lansia. Kita tahu pelayan publik banyak berinteraksi dengan masyarakat sehingga mendapatkan prioritas untuk diberikan perlindungan, lalu lansia juga dipilih karena menurut WHO golongan ini saat terkena COVID-19, angka kematiannya cukup tinggi,” ujar Plt. Dirjen P2P Kementerian Kesehatan, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS., dalam dialog virtual bertema Vaksinasi Menyasar Pedagang Pasar, Rabu (17/2).

Pemerintah menargetkan vaksinasi tahap kedua akan selesai pada akhir Mei 2021, sehingga pada Juni 2021 akan lanjut ke tahap berikutnya. Metode Kementerian Kesehatan dalam mempercepat upaya ini adalah dengan melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan dan mengadakan vaksinasi massal. “Memang ada vaksinasi massal yang kita laksanakan di tempattempat tertentu, dengan catatan harus punya tempat penanganan KIPI yang komprehensif. Ada juga dengan metode bergerak yang sudah kita uji cobakan di pedagang pasar,” tutur Maxi.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Ikhsan Ingratubun, menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh upaya vaksinasi bagi kalangan UMKM ini, Menurut IKhsan, dukungan itu tidak lepas dari dampak pandemi COVID-19 pada perekonomian bangsa yang sangat besar, tak terkecuali bagi pedagang-pedagang pasar atau pelaku usaha mikro. “Akumindo sudah meminta dan mengimbau anggotanya yang termasuk pedagang pasar agar segera divaksinasi, Dengan adanya vaksin ini menimbulkan kepercayaan untuk membentengi diri kita dari COVID-19. Dampak vaksinasi ini untuk pemulihan ekonomi ini sangat besar sekali. Kita optimistis di 2021 ini terjadi peningkatan perekonomian. Mudah-mudahan dengan program vaksinasi ini di kuartal I 2021 kita bisa masuk ke tren positif,” tegas Ikhsan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini