Cara Meningkatkan Brand Awareness

Cara Meningkatkan Brand Awareness Kredit Foto: Istimewa

Memiliki brand yang solid dan tepercaya sangatlah penting bagi perusahaan Anda untuk dapat berkembang. Jika target konsumen Anda tidak mengetahui atau mempercayai brand Anda, bagaimana Anda dapat meningkatkan basis pelanggan dan penjualan Anda? Bagaimanapun juga, sebanyak 89% pemasar mengklaim bahwa brand awareness adalah tujuan utama mereka.

Namun yang dapat saya sampaikan kepada Anda adalah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness. Strategi ini telah dicoba dan diuji oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia. Baca dan temukan sesuatu yang baru untuk membantu Anda mencapai tujuan kesadaran merek Anda. Berikut adalah beberapa strategi inovatif yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan brand awareness dan membantu perkembangan bisnis Anda.

Baca Juga: Mari Mengenal Apa Itu Brand Awareness

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah sejauh mana brand Anda dapat dikenali oleh pelanggan potensial dan dikaitkan dengan benar dengan produk atau layanan tertentu. Dalam contoh bisnis kecil, tingkat brand awareness mereka mungkin tidak mencapai status eponim (misalnya, pelanggan yang haus akan meyebut nama brand Aqua dibandingkan menyebut air mineral), tetapi beberapa hal yang lebih sederhana, seperti:

• Konsumen memiliki pengetahuan tentang apa yang membuat bisnis Anda lebih dikenal.

• Seorang pengguna media sosial mengetahui bahwa iklan brand Anda lucu ketika mereka menemukannya di feed mereka.

• Pelanggan lebih memilih merek Anda daripada brand lain, meskipun ada opsi yang lebih murah.

• Pengguna mesin pencari akan mengetik nama bisnis Anda atau istilah bermerek lainnya ke dalam istilah pencarian mereka. 

Brand yang sudah memiliki tingkat brand awareness tinggi biasanya disebut sebagai "trending", "buzzworthy", atau "populer". Membangun brand awareness sangat berharga saat memasarkan dan mempromosikan perusahaan dan produk Anda, terutama pada tahap awal bisnis Anda.

Brand awareness mungkin tampak seperti konsep yang masih kabur, dan sebenarnya memang begitu. Untuk pemasar dan pemilik bisnis di luar sana yang suka mengukur kesuksesan dengan angka yang tepat, brand awareness kemungkinan akan membuatnya bingung.

Namun, hanya karena ini bukan metrik yang dapat ditentukan dengan sempurna, bukan berarti metrik tersebut tidak memiliki nilai. Brand awareness sangat penting untuk kesuksesan bisnis dan tujuan pemasaran secara keseluruhan.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Bagaimana caranya meningkatkan brand awareness Anda dan membangun bisnis di atas fondasi itu? Apa yang dapat Anda lakukan sebagai sebuah brand untuk mengkampanyekan kesadaran dan terus meningkatkannya? Berikut ini adalah beberapa ide kampanye untuk meningkatkan brand awareness Anda:

Tawarkan opsi freemium

Freemium adalah model bisnis yang menawarkan produk dasar atau lini produk secara gratis, hanya mengenakan biaya untuk produk yang dianggap premium atau dengan layanan ekstra . Ini adalah strategi penetapan harga yang populer untuk berbagai perusahaan perangkat lunak, seperti HubSpot dan Trello.

Menawarkan opsi freemium memungkinkan pelanggan untuk merasakan brand dan produk Anda sebelum melakukan pembelian. Ini adalah peluang untuk mencoba sebelum pelanggan membelinya, yang secara teknis dapat bertahan selamanya (berbeda dengan periode uji coba gratis atau trial yang dipilih beberapa perusahaan).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini