Waduh, Ada Masalah Sistem Pelaporan Pertambahan Kasus Positif COVID

Waduh, Ada Masalah Sistem Pelaporan Pertambahan Kasus Positif COVID Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Dinkes DKI Jakarta mengakui adanya masalah pada sistem pelaporan sehingga jumlah pertambahan positif COVID-19 Ibu Kota hanya 373 kasus, Kamis.

"Data 373 kasus ini bukan secara keseluruhan karena adanya masalah sistem," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, dalam keterangannya, di Jakarta.

Ia menjelaskan, kesulitan input data ini karena sedang dilakukan perbaikan koneksi untuk mempercepat sistem input dari Kementerian Kesehatan. "Karenanya, kami tidak dapat melakukan penarikan data per Rabu, 17 Februari 2021," kata Dwi.

Untuk data perkembangan COVID-19 sendiri, lanjut Dwi, diperkirakan akan bisa masuk pada Jumat (19/2).

"Karena sedikitnya data yang masuk ini, mohon tidak diasumsikan bahwa wabah sudah benar-benar terkendali, karena besok kemungkinan akan ada akumulasi data dari yang sebelumnya tidak bisa dilakukan penarikan melalui sistem," katanya.

Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta di laman corona.jakarta.go.id, Kamis, untuk data kasus baru sebanyak 373 kasus positif ini, merupakan hasil dari pemeriksaan usap (swab test PCR) Rabu (17/2).

Tes PCR 17 Februari 2021 dilakukan pada 11.384 spesimen dengan hasil 373 positif dan 8.734 negatif. Dengan demikian, total kasus positif adalah sebanyak 321.111 kasus atau jika dibanding sepekan, maka ini paling rendah dibanding Rabu (17/2) 1.445 kasus, Selasa (16/2) 1.861 kasus.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini