Bunyi Senjata Api Pecah di Dekat Kompleks Istana Presiden Somalia

Bunyi Senjata Api Pecah di Dekat Kompleks Istana Presiden Somalia Foto: Reuters/Feisal Omar

Bentrokan besar terjadi pada Jumat pagi (19/2/2021) waktu setempat antara penjaga keamanan pemimpin oposisi dan pasukan pemerintah di dekat istana presiden Somalia di ibu kota Mogadishu. Beberapa orang diduga telah tewas dalam pertempuran itu.

Sumber-sumber lokal mengatakan seperti dilansir dari kantor berita Anadolu pada Jumat (19/2/2021) bahwa pertempuran itu terjadi di Lapangan Daljirka Dahson. Lokasi itu digunakan calon presiden dari oposisi Somalia mengadakan unjuk rasa anti-pemerintah .

Baca Juga: Duh Gawat, 6 Negara Dapat Peringatan Keras dari WHO Setelah Wabah Ebola Pecah di Afrika

"Pasukan pemerintah menyerang Hotel Maida, tempat saya dan mantan presiden [Sharif Sheikh Ahmed] menginap," kata mantan Presiden Hassan Sheikh Mohamud dalam pernyataan singkat yang diunggah di Twitter setelah baku tembak.

"Sangat disayangkan bahwa presiden yang keluar menumpahkan darah warga yang sedang mempersiapkan demonstrasi damai untuk mengungkapkan pandangan mereka," tambahnya.

Seperti diketahui, Hotel Maida terletak tidak jauh dari istana presiden. Jumlah korban belum diketahui. Anadolu Agency menghubungi polisi nasional, tetapi mereka tidak menanggapi permintaan wawancara.

Baku tembak terjadi sehari setelah pemerintah Somalia mengumumkan bahwa mereka telah melarang semua pertemuan publik termasuk demonstrasi. Tetapi para pemimpin oposisi menentang perintah tersebut dan bersiap untuk mengadakan demonstrasi besar-besaran pada pagi ini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini