Banjir Rendam 2 Gardu, 666 Pelanggan PLN di Jakarta Timur Kena Pemadaman Listrik

Banjir Rendam 2 Gardu, 666 Pelanggan PLN di Jakarta Timur Kena Pemadaman Listrik Foto: Rahmat Saepulloh

Banjir yang melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya setelah luapan sungai dan hujan lebat menyebabkan dua unit gardu listrik rusak. Akibatnya, sebanyak 666 pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) PLN terkena pemadaman listrik pada pagi hari ini.

"Dua gardu yang terkena dampak banjir masing-masing di Jalan Dermaga Baru, Klender, Jakarta Timur dan di Jalan Kalimalang," kata Humas PLN Disjaya Dita Artsana, Jumat, (19/2/2021).

Baca Juga: Wujudkan Energi Bersih dan Galakkan Transportasi Massal, PLN Penuhi Listrik KRL Jogja-Solo

Dita mengatakan, banjir juga membuat dua jaringan tegangan rendah (JTR) mengalami gangguan sehingga mengakibatkan pemadaman. Adapun pasokan listrik menuju 666 rumah pelanggan hingga pukul 09.00 WIB masih dilaporkan padam.

Lokasi pemadaman listrik di antaranya di Jalan Dermaga Baru, Jalan Kalimalang, Kompleks Dosen IKIP dan Jalan Bintara Jaya II, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Lebih jauh Dita menyebutkan, persentase yang terkena dampak pemadaman listrik relatif sedikit berkisar 0,01 persen dari total 4.769.726 pelanggan.

"Namun situasi akan kami perbaharui per jam," katanya.

PLN, kata Dita, melakukan pemadaman listrik sebagai prosedur ketika rumah pelanggan terendam banjir. Selain itu pemadaman dilakukan jika gardu distribusi listrik terendam banjir.

"Penormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi dipastikan kering dan ada penandatanganan berita acara yang dilakukan pengurus RT/RW atau tokoh masyarakat setempat," kata Dita.

Adapun banjir yang terjadi di sejumlah kawasan Jakarta Timur terjadi dengan ketinggian bervariasi mulai 40 sentimeter hingga satu meter lebih dan merendam rumah penduduk.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini