Tetap Waspada, BMKG Ngomong Begini Soal Cuaca Ekstrem: Hujan Sedang, Lebat Hingga...

Tetap Waspada, BMKG Ngomong Begini Soal Cuaca Ekstrem: Hujan Sedang, Lebat Hingga... Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek masih dalam puncak musim penghujan. Kondisi ini diperkirakan sampai awal Maret 2021. BMKG pun mengimbau warga untuk waspada banjir.

"Saat ini sebagian besar Indonesia termasuk Jabodetabek masih berada dalam periode puncak musim hujan. Hujan dengan instesitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi pada periode ini yang diprakirakan berlangsung sampai akhir Februari atau sampai awal Maret," kata Dwikorita, dalam konferensi persnya secara virtual, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: BMKG Bukan Mau Takut-takuti, Tapi 3 Wilayah Jakarta Ini Bakal Diguyur Hujan Petir, dan..

Ia menambahkan, untuk periode sepekan ke depan wilayah Jabodetabek pada umumnya akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Dirincinya, hari ini masih berpotensi diguyur hujan intensitas lebat.

"Hari ini prediksi kami ada peningkatan curah hujan jadi warna hijau sekarang jadi kuning. itu terjadi peningkatan hujan dapat berkembang menjadi lebat. Hampir di wilayah Jabodetabek," jelasnya.

Kemudian, esok hari diprakirakan intensitas hujan menurun menjadi ringan. Namun, kembali harus diwaspadai pada tanggal 23-34 Februari 2021 karena berpotensi hujan lebat kembali meningkat.

"Warna besok jadi hijau muda. Ini intensitasnya mnjadi rendah. Hari ini huja terlepas kemudian besok Insya Allah jadi hijau sangat muda atau ringan atau rendah itu tanggal 21 besok. Tanggal 22 masih ringan, tanggal 23 menjadi kuning bahkan coklat kemerahan. Nah ini yang diwaspadai ini hampir merata di seluruh jabodetabek. Kesimpulannya hari ini kita masih harus waspada kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan 24. Itu yang perlu kami tekankan. Itu kondisi Jabotabek," ungkap Dwikorita.

Sedangkan, untuk secara keseluruhan wilayah Indonesia masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat. Sedikitnya ada 28 provinsi dari Aceh sampai Papua yang diprediksi masih diguyur hujan.

"BMKG memprediksi masih terjadi hujan intensitas lebat bahkan disertai kilat dan angin kencang hampir merata di seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua. Ada 28 provinsi. Namun di dalam di satu provinsi (intensitas hujan) tidak selalu merata," tutupnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini