Anies Pede Ungkap Tiga Prinsip Hadapi Banjir

Anies Pede Ungkap Tiga Prinsip Hadapi Banjir Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan lebat akan mengguyur wilayah Jabodetabek pada tanggal 23 dan 24 Februari 2021. Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pihaknya sudah bersiaga. 

"Kami sudah bersiaga selama persiapan dari tahun-tahun kemarin. Indikasinya apa? Indikasinya adalah kecepatan bergerak," kata Anies usai memantau Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Minggu (21/2). 

Baca Juga: Banjir Jakarta, Anies Banggakan Anak Buah: Alhamdulillah Atas Izin Allah Satu Hari Kering

Kecepatan bergerak itu, jelas Anies, tampak dari kesigapan jajarannya untuk bergerak ketika terjadi hujan. Ketika hujan terjadi dalam waktu relatif singkat, lanjut dia, petugas berserta masyarakat bisa bekerja bersama untuk memastikan genangan segera surut. 

Anies pun menyebut bahwa awak media sudah melihat dan mengetahui sepak terjang jajarannya di lapangan saat banjir. "Jadi Insya Allah ke depan kita terus pertahankan tiga prinsip, pertama siaga, kedua tanggap, ketiga galang. Tiga ini kita galakkan terus," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini