Enam Pemimpin Daerah Ini Berpeluang Besar Manggung di Pilkada DKI Jakarta Mendatang

Enam Pemimpin Daerah Ini Berpeluang Besar Manggung di Pilkada DKI Jakarta Mendatang Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Selain Gibran Rakabuming Raka yang merupakan wali kota Solo terpilih, sejumlah pemimpin daerah dinilai layak dan berpeluang manggung di Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 memang baru akan digelar pada November 2024, meski masa jabatan Anies Baswedan berakhir pada 2022.

Baca Juga: Ini yang Paling Terbebani Jika Pilkada- Pilpres 2024 Dilaksanakan Serentak

Namun, segala sesuatunya masih bisa terjadi lantaran masih ada partai yang berharap pilkada di daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada 2022 dan 2023 tetap dilaksanakan di tahun tersebut

Bahkan, Partai Demokrat yang mendukung normalisasi pilkada pun sudah mengumumkan tiga kadernya yang saat ini menjadi kepala daerah sebagai sosok yang dipersiapkan menjadi orang nomor satu di Jakarta.

Berikut ini SINDOnews tampilkan sejumlah pemimpin daerah yang berpeluang manggung di Jakarta tersebut.

1. Ridwan Kamil

Pria yang akrab disapa Kang Emil lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Oktober 1971. Saat ini, dia menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Masa jabatannya akan berakhir 2023.

Jika langkahnya menuju Pilpres 2024 menemui hambatan, menjadi calon gubernur DKI Jakarta bisa menjadi opsi bagi mantan wali kota Bandung ini.

2. Emil Dardak

Pemilik nama lengkap Emil Elestianto Dardak ini lahir di Jakarta, 20 Mei 1984. Saat ini, Emil Dardak menjabat wakil gubernur Jawa Timur.

Nama mantan bupati Trenggalek ini sudah dimunculkan Bappilu Partai Demokrat sebagai salah satu kader yang dipersiapkan menuju Pilkada DKI Jakarta.

3. Ahmed Zaki Iskandar

Ahmed Zaki Iskandar lahir di Tangerang, Banten, 14 Desember 1973. Dia merupakan kader Partai Golkar yang menjabat bupati Tangerang.

Posisi politiknya di Jakarta juga lumayan strategis lantaran menjabat ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta. Bertarung di Pilkada DKI Jakarta bisa menjadi pilihan selanjutnya bagi mantan anggota DPR RI ini.

4. Bima Arya Sugiarto

Bima Arya Sugiarto lahir di Bogor, Jawa Barat, 17 Desember 1972. Dia merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat ini tengah menjalani periode keduanya sebagai wali kota Bogor.

Naik kelas menjadi orang nomor satu di Jakarta bisa saja menjadi pilihan bagi mantan Direktur Eksekutif Charta Politika ini karena rekan separtainya, Desy Ratnasari, kabarnya akan dipersiapkan PAN untuk bertarung di Pilkada Jawa Barat.

5. Iti Octavia Jayabaya

Iti Octavia Jayabaya lahir di Lebak, Banten, 4 Oktober 1978. Dia menjabat bupati Lebak, Banten, sejak 15 Januari 2014. Sebelumnya, Iti merupakan anggota DPR RI.

Nama Iti sudah dimunculkan Bappilu Partai Demokrat sebagai salah satu kader yang dipersiapkan untuk bertarung di Pilkada DKI Jakarta.

6. Cellica Nurrachadiana

Inilah Pemimpin Daerah yang Berpeluang Tarung di Pilkada DKI Jakarta

Cellica Nurrachadiana lahir di Bandung, 18 Juli 1980. Dia adalah bupati Karawang yang menjabat sejak 2015. Sebelumnya, Cellica menjadi anggota DPRD Jawa Barat.

Nama Cellica juga sudah diumumkan Bappilu Partai Demokrat sebagai salah satu kader yang dipersiapkan berkontestasi di Pilkada DKI Jakarta.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini