Halo Mas Anies Baswedan, Sudah Tahu Ramalan BMKG Terbaru? Jakarta Diancam...

Halo Mas Anies Baswedan, Sudah Tahu Ramalan BMKG Terbaru? Jakarta Diancam... Foto: Instagram Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui pihaknya sudah melakukan antisipasi terkait ramalan Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca ekstrim yang akan melandan Ibu Kota hingga 24 Februari 2021 mendatang.

Menurutnya, antisipasi tersebut terlihat dari kesiagaan dan kecepatan jajarannya dalam bergerak ketika terjadi hujan yang akan membuat banjir dan para petugas bekerja keras untuk membuat banjir segera surut. Baca Juga: Geger Aa Gym Sindir Anies soal Banjir Jakarta...

"Alhamdulillah antisipasi itu sudah dilakukan dari kemarin. Atas izin Allah satu hari kering. Kenapa? Karena jajaran dalam posisi siaga. Jadi status siaganya sudah dari kemarin-kemarin," ucapnya, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Minggu (21/2/2021) kemarin.

Lanjutnya, ia juga mengatakan pihaknya sudah mencatat kawasan mana saja yang berisiko diterjang banjir.

"Sudah dari awal ditentukan RT-RT, RW-RW yang berisiko, sehingga begitu terjadi genangan, maka langsung pompa dikerahkan, tenaga dikerahkan, pengawasan dikerahkan," tuturnya. Baca Juga: Warga Wilayah Anies Waspada, Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir hingga Malam Hari

Sambung dia, Jakarta pada prinsipnya mempunyai tidak cara dalam enanggulangi banjir di Jakarta yang pertama adalah siaga mempersiapkan banjir, kedua tanggap bila ada kejadian, lalu ketiga galang bila ternyata muncul masalah.

"Jadi alhamdulillah satu hari ini sudah terlihat, kejadiannya kemarin dan hari ini Jakarta kembali relatif normal," ucap Anies.

"Apakah 100 persen? Belum. Di kawasan Jakarta Barat sekitar Kali Angke. di sana air kiriman dari hulu masih jalan. Ini yang masih membuat terjadi genangan. Tapi insyaallah kita siap, dan saya mengimbau ke seluruh masyarakat untuk juga waspada seperti info dari BMKG," katanya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini