Satgas Covid Klaim PPKM Mikro Efektif

Satgas Covid Klaim PPKM Mikro Efektif Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengklaim bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro efektif untuk menekan laju penyebaran virus corona (Covid-19).

"Pengawasan dan pengendalian kita lihat sudah efektif," kata Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander K. Ginting, dalam siaran daring dari Graha BNPB, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Satgas Upayakan Teknologi Tepat Guna Pengelolaan Limbah Covid-19 | Infografis

Ia mengatakan bahwa Satgas Covid-19 sangat terbantu dengan adanya Posko Desa semenjak PPKM Mikro. Alexander menyebut, Posko Desa punya peran penting dalam pengawasan dan penanganan pasien positif yang dirawat secara mandiri.

"Kita berterima kasih bahwa Posko Desa yang sekarang ini banyak membantu," ujarnya. Dengan adanya PPKM mikro, menurut Alexander, pelacakan kontak dan pengawasan menjadi lebih terkendali.

Ia mengakui memang PPKM Mikro terlihat lebih longgar jika dilihat dari PPKM sebelumnya. Namun, ia mengatakan bahwa di dalam PPKM Mikro ada penguncian sehingga jika desa atau kelurahan tempat tinggal masuk dalam zonasi merah, akan ada pembatasan secara ketat untuk membatasi penularan.

"Penguncian itu ada di level zonasinya," pungkas Alexander.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini