Investor Asing Masuk Lagi Ratusan Miliar, IHSG Berhasil Menguat!

Investor Asing Masuk Lagi Ratusan Miliar, IHSG Berhasil Menguat! Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melejit 0.37% atau 23.38 poin ke level 6,255.31. Saham-saham disektor pertambangan melesat 2.95% dan perdagangan 1.58% memimpin penguatan disaat saham-saham di sektor aneka industri anjlok 0.70% dan Industri Dasar minus 0.60% menekan IHSG. Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp391,89 miliar dengan saham BBRI, MDKA, INKP, dan BSDE yang menjadi top net buy value.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengungkapkan bahwa IHSG yang sempat bergerak naik di atas sepersen terlihat cenderung tertekan diakhir sesi perdagangan. “Investor terfokus pada harga komoditas yang dimana harga batubara naik 1.74%, Minyak WTI meningkat 0.79%, Timah melesat 1.83% dan  Zinc terdongkrak 1.36% kembali menguat signifikan,” kata Lanjar, di Jakarta, Senin (22/2/2021). 

Baca Juga: IHSG Perkasa di Awal Pekan, Saham-saham Milik Konglomerat Unjuk Gigi

Baca Juga: IHSG Menguat 0,38% pada Penutupan Sesi Kedua

Baca Juga: Deretan Saham yang Bikin Asing Kepincut Masuk Pasar Modal

Tercatat, mayoritas bursa Asia mengawali pekan dengan bervariasi dimana pelemahan terjadi pada indeks saham HangSeng (-1.06%) dan CSI300 (-3.14%) sedangkan indeks TOPIX (+0.46%) dan NIKKEI (+0.49%) naik. Investor memperkirakan taruhan untuk inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat. 

Bursa Eropa membuka perdagangan dengan melemah. Indeks Eurostoxx (-0.76%), FTSE (-0.84%), DAX (-0.64%) dan CAC40 (-0.68%) turun mendekati sepersen. Saham-saham disektor teknologi menjadi penekan pergerakan. Investor mempertanyakan apakah pertumbuhan yang kuat akan membuat pemerintah menarik kembali stimulus yang telah direncanakan.

"Selanjutnya investor asing terfokus pada Ketua Fed Jerome Powell menyampaikan laporan kebijakan moneter tengah tahunan bank sentral kepada Komite Perbankan Senat pada hari Selasa. Laporan persediaan minyak mentah EIA keluar Rabu. Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari Kelompok 20 akan bertemu hampir pada hari Jumat. Menteri Keuangan AS Janet Yellen akan menjadi salah satu peserta," tutupnya. 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini