Covid-19 Bermutasi, Bill Gates Beberkan Vaksin Jagoannya untuk Lawan Varian Baru Corona

Covid-19 Bermutasi, Bill Gates Beberkan Vaksin Jagoannya untuk Lawan Varian Baru Corona Foto: Instagram/Bill Gates

Varian baru virus corona yang terus bermutasi telah terdeteksi di Afrika Selatan. Hal ini membuat banyak pihak khawatir akan membuat vaksin yang sudah diciptakan jadi kurang efektif. Namun, Bill Gates memiliki beberapa vaksin potensial yang bisa melawan varian tersebut.

Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Selasa (23/2/21) pendiri Microsoft ini menyebut bahwa vaksin buatan Johnson & Johnson serta Novavax akan menjadi vaksin yang bisa melawan varian baru corona ini. Meski demikian, kedua perusahaan tersebut menyebut bahwa produk mereka bisa saja kurang ampuh.

Baca Juga: Yayasan Investasi Bill Gates Lepas Saham Alibaba, Uber hingga Apple

Pada 28 Januari, Novavax menyatakan jika vaksinnya nyaris 90% efektif melindungi manusia dari virus Corona. Namun dalam melawan strain dari Afrika Selatan, angka efikasi tersebut turun sampai 49,4%.

Lalu, Johnson & Johnson giliran menyebut bahwa vaksin mereka yang efektif 66% menurun jadi 57% menghadapi strain Afrika Selatan.

Vaksin yang masih dalam proses persetujuan penggunaan di AS ini membuat Bill Gates yakin bahwa kedua vaksin tersebut tetap bisa efektif melawan mutasi virus corona baru.

"Orang-orang paham ada penurunan efikasi, walaupun (vaksin) Novavax dan Johnson & Johnson masih mempertahankan banyak kapabilitas dalam melawan varian tersebut," kata Bill Gates.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini