Tajir Melintir! Taipan Kiki Barki Rogoh Kocek Nyaris Rp1 Triliun Buat Beli Perusahaan Smelter Nikel

Tajir Melintir! Taipan Kiki Barki Rogoh Kocek Nyaris Rp1 Triliun Buat Beli Perusahaan Smelter Nikel Kredit Foto: Forbes

Perusahaan tambang batu bara milik taipan Kiki Barki, yakni PT Harum Energy Tbk (HRUM) merogoh kocek nyaris Rp1 triliun untuk membeli 24,5% atau 259.603 lembar saham PT Infei Metal Industry (IMI) pada 19 Februari 2021. Transaksi tersebut dilakukan melalui perusahaan subsidiari Harum Energy, PT Tanito Harum Nikel.

Direktur Utama Harum Energy, Ray A. Gunara, mengungkapkan bahwa untuk membeli seluruh saham tersebut perusahaan mengeluarkan dana hingga US$68,6 juta. Jika dirupiahkan dengan kurs Rp14.100, nilainya mencapai Rp967 miliar. Baca Juga: Kecil-Kecil Cabai Rawit! Keuntungan Perusahaan Ini Melejit Parah Selama Covid!

"Tujuan dari transaksi yang dilakukan oleh Harum Energy adalah untuk mengembangkan kegiatan usaha hilir pertambangan nikel milik Perseroan ke tahap pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah," pungkasnya dilansir pada Selasa, 23 Februari 2021.  Baca Juga: Dolar AS Tumbang, Rupiah Jawara Atas Banyak Mata Uang

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa IMI merupakan perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia dan bergerak dalam bidang pemurnian nikel (smelter). Manajemen mengaku tidak ada dampak material atas transaksi tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, keuangan, dan kelangsungan usaha perusahaan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini