KAI Kembali Operasikan Jalur Kereta Api Jarak Jauh

KAI Kembali Operasikan Jalur Kereta Api Jarak Jauh Foto: Antara/Siswowidodo

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan jalur rel yang terendam akibat banjir di Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang telah dapat dilalui oleh kereta api. Dengan begitu, operasional kereta jarak jauh dan kereta lokal relasi Jakarta dapat beroperasi kembali.

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, seluruh kereta apidi Daop 1 Jakarta, khususnya dari dan menuju Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: KAI Tawarkan Pengembalian Tiket Akibat Jalur Terdampak Banjir, Simak Syaratnya...

Joni memastikan saat ini jalur yang terdampak banjirtelah dilewati oleh kereta api dengan pemberangkatan pertama KLB D1/10481 pukul 10.29 WIB. Demi pertimbangan keselamatan, Joni mengatakan kereta yang melintasi jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya maksimal 10 kilometer per jam untuk sementara waktu.

Meski jalur kereta sudah beroperasi, petugas KAI masih akan melanjutkan perbaikan selama 24 jam untuk melakukan normalisasi, memperkuat fondasi, dan menambah balas atau kricak serta memadatkan jalur.

Joni memastikan KAI juga akan melakukan peningkatan kemampuan pada jalur double trackini sehingga lalu-lintas kereta berjalan dengan kecepatan normal. Saat ini, perseroan menambah jumlah petugas untuk mempercepat penyelesaian perbaikan rel.

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta," katanya.

KAI sebelumnya membatalkan perjalanan kereta jarak jauh dari dan lokal relasi Jakarta sejak Senin, 22 Februari, akibat rel di Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55 +100 hingga KM 53+600 terendam banjir. Banjir menyebabkan kerusakan di bagian bawah fondasi jalur kereta yang membuat sebagian titik rel menggantung sehingga petugas harus melakukan perbaikan.

KAI akan mengembalikan biaya tiket sebesar 100 persen bagi penumpang yang terdampak pembatalan perjalanan. Pembatalan tiket dapat dilakukan secara langsung melalui loket resmi di stasiun kereta jarak jauh maupun kereta lokal.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini