Vaksinasi Lansia, Satgas Covid-19 Imbau Cek Kesehatan Dahulu sebelum Vaksinasi

Vaksinasi Lansia, Satgas Covid-19 Imbau Cek Kesehatan Dahulu sebelum Vaksinasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Pemerintah menargetkan kalangan lansia atau mereka yang berusia di atas 60 tahun untuk mendapatkan vaksinasi pada tahapan kedua. Lansia menjadi kalangan yang diprioritaskan lantaran masuk dalam kategori rentan terhadap Covid-19.

Pemerintah menargetkan setidaknya 21,5 juta lansia mendapat vaksin Covid-19. Meski begitu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Bawono Adisasmita menjelaskan, para lansia yang ingin divaksinasi perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum divaksin.

Baca Juga: Vaksinasi untuk Lansia Sudah Siap, Agar Sukses Perlu Dukungan Semua Pihak

"Kami harap keluarga perhatikan riwayat penyakit dari calon penerima vaksin," ujar Wiku pada update Covid-19 yang disiarkan secara daring, Selasa (23/2/2021) sore.

Ada setidaknya sebelas penyakit yang perlu diperhatikan menurut Wiku. Sebelas penyakit tersebut adalah gagal jantung kongestif, asma, serangan jantung, paru kronis, diabetes, penyakit ginjal, hipertensi, paru kronis, nyeri dada, nyeri sendi, dan kanker.

Wiku melanjutkan, apabila lima dari 11 penyakit tersebut tercantum dalam riwayat penyakit calon penerima vaksin lansia, calon penerima tidak bisa menerima vaksin.

Jika anggota keluarga tidak yakin dengan riwayat penyakit yang diderita oleh calon penerima vaksin lansia, anggota keluarga dapat terlebih dahulu membawa calon penerima vaksin untuk diperiksa ke dokter.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini