Apa Itu Inkaso Masuk?

Apa Itu Inkaso Masuk? Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Inkaso masuk adalah tagihan masuk dengan dibebankan kepada rekening nasabah sendiri yang hasilnya akan dikirimkan ke cabang pemrakarsa untuk keuntungan pihak ketiga. Dalam inkaso masuk, bank hanya memeriksa kecukupan dari nasabah yang telah menerbitkan warkat surat berharga kepada pihak ketiga.

Untuk diketahui, inkaso adalah jenis jasa yang diberikan oleh bank atas permintaan nasabah untuk melakukan penagihan pembayaran atas dokumen atau surat berharga kepada pihak ketiga di lokasi lain, bisa cabang bank yang bersangkutan atau bank lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Inkaso?

Inkaso dilakukan antara cabang-cabang dari bank yang sama atau bank-bank lain di mana pengumpulan dilakukan melalui cabang bank itu sendiri yang terletak di kota yang sama dengan bank yang berminat.

Inkaso tidak dilakukan di kota yang sama, karena dokumen dari bank lain yang berlokasi di kota yang sama sudah cukup melalui kliring.

Adapun contoh inkaso yaitu wesel, kuitansi, cek, kupon dan dividen, surat askep, surat undian, nota tagihan lainnya.

Sebagai lembaga keuangan, bank tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan dan meminjam uang, tetapi juga berfungsi sebagai inkaso atau penagihan yakni saat seseorang atau suatu badan dapat meminta bank untuk menagih warkat-warkat atau surat berharga yang dimilikinya kepada seseorang atau badan tertentu di luar wilayah kliring atau kota lain.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini