PLN-BPPT Teken MoU Tingkatkan Penggunaan TKDN Nasional Ketenagalistrikan

PLN-BPPT Teken MoU Tingkatkan Penggunaan TKDN Nasional Ketenagalistrikan Kredit Foto: Antara/Indrayadi TH

PLN terus berupaya mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada infrastruktur ketenagalistrikan. Komitmen ini kembali tercermin melalui agenda Webinar "Peran Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Ketenagalistrikan dalam Pembangunan Nasional" sekaligus Pendatanganan Nota Kesepahaman antara PLN bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tentang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Ketenagalistrikan.

Digelar secara virtual, agenda ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest)-Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala BPPT-Hammam Riza, dan Direktur Utama (Dirut) PLN-Zulkifli Zaini.

Baca Juga: Pemerintah Dorong PLN Lebih Efisien dalam Penyediaan Listrik

"Pada hari ini, kita patut berbangga karena komitmen penggunaan produk dalam negeri kian nyata melalui penandatanganan antara PLN dan BPPT. Melalui kerja sama ini, diharapkan produk-produk dalam negeri mampu memenuhi spesifikasi dan berkualitas tinggi. Dorongan terhadap penggunaan produk dalam negeri akan menciptakan multiplier effect yang akan membawa kita menjadi suatu bangsa yang mandiri dan tidak tergantung pada produk dari luar negeri," kata Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Rabu (24/2/2021).

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPPT, Hammam Riza, menyampaikan bahwa nota kesepahaman ini diharapkan dapat turut mendorong kebangkitan ekonomi nasional di tengah kondisi pandemi.

"Ketenagalistrikan merupakan infrastruktur utama dalam pembangunan Indonesia. Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) ketenagalistrikan penting untuk dilaksanakan dan didukung oleh semua pihak guna meningkatkan kesempatan lapangan kerja di sektor manufaktur dan mampu menghemat devisa dan bahkan meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia," kata Hammam Riza, Rabu (24/2/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, mengatakan bahwa PLN melaksanakan pembangunan ketenagalistrikan dengan komitmen mengutamakan industri dalam negeri sebagai implementasi peraturan perundang-undangan sehingga hal tersebut merupakan suatu peluang bagi industri-industri dalam negeri lebih berperan sekaligus meningkatkan kapabilitas industrinya.

Zulkifli menambahkan, pihaknya membutuhkan sinergi dari para stakeholders dalam implementasi P3DN. Harapannya, keterlibatan industri dalam negeri sebagai mitra kerja pada pembangunan ketenagalistrikan bisa berjalan secara optimal, sesuai kapabilitas dan secara makro, sehingga dapat meningkatkan perekonimian nasional.

"Berprinsip saling memberikan manfaat, PLN senantiasa menyambut baik tiap sinergitas, baik lintas BUMN maupun lembaga," kata Zulkifli, Rabu (24/2/2021).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini