Ajak Masyarakat Aceh Lebih Peduli Lingkungan, Mahasiswa UNS Lakukan Program Ini

Ajak Masyarakat Aceh Lebih Peduli Lingkungan, Mahasiswa UNS Lakukan Program Ini Kredit Foto: KKN UNS Kelompok 38

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret (KKN UNS) 2021 berlangsung secara luring dan daring. Salah satu tim KKN UNS, Kelompok 38, menanam bibit pohon sebagai salah satu program luring di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (19/2/2021) dan Minggu (21/2/2021).

Apa dasar dari kegiatan tersebut? Jawabannya, rendahnya tingkat kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup, budaya hidup sehat, dan alam.

“Program ini kami pilih karena lingkungan desa Bukit Harapan masih cukup gersang dan jarang kami temui pohon, terutama di tempat umum seperti sekolah, musala, dan masjid, padahal pohon itu banyak manfaatnya; yang paling umum, menyediakan udara bersih,” ujar Arif selaku Ketua KKN UNS Kelompok 38.

Baca Juga: Bantu Cegah Penyebaran COVID-19, Kelompok 25 KKN UNS Gelar Rentetan Kegiatan Ini

Baca Juga: Atasi Ketidakstabilan Bitcoin, Negara Ini Bakal Rilis Dolar Digital Sendiri

Kegiatan itu juga melibatkan penggalangan donasi terbuka bibit pohon. Penanaman 60 bibit yang dengan jenis yang beragam, seperti pucuk merah, ketapang, cemara, dan melati putih. berlangsung di lahan kosong di sekitar sekolah, masjid dan musala, serta lahan gersang di pinggir jalan agar tercipta suasana teduh dan rindang, juga agar produksi air tanah  lebih efektif. 

“Kelompok kami tidak menyangka akan terkumpul lumayan banyak bibit pohon melalui donasi terbuka. Antusias dan dukungan dari berbagai pihak, terutama masyarakat pun cukup besar. Warga ikut membantu, begitu juga dengan Persaudaraan Setia Hati Terate yang berpartisipasi dalam program ini, sehingga penanaman bibit pohon ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujar Arif. 

Kelompok 38 KKN UNS ingin kegiatan penanaman bibit pohon ini dapat menyadarkan masyarakat bahwa melestarikan lingkungan adalah tugas dan tanggung jawab bersama, sehingga ke depannya bibit-bibit yang ditanam dapat terus dirawat dan dijaga.

Kepala Desa Bukit Harapan berharap program itu dapat berlanjut. "Program penanaman pohon dari program Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret di desa ini bagus sekali, karena selain untuk penghijauan di tempat umum, juga terdapat banyak manfaat untuk masa depan, kami berharap program penanaman ini dapat berlanjut terus kedepannya,” ujarnya.

Penulis: Veronica Ayu (Universitas Sebelas Maret)

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini