Widih, Gak Peduli 'Paceklik' Ekonomi, Transaksi Online Naik Hingga 15% Loh

Widih, Gak Peduli 'Paceklik' Ekonomi, Transaksi Online Naik Hingga 15% Loh Kredit Foto: Biro Pers, Sekretariat Presiden

Terjadi peningkatan transaksi penjualan online di kisaran 10%-15% di tengah pandemi, begitulah isi pidato Presiden Joko Widodo, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, hal itu memperkuat kampanye nasional membeli produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di e-commerce.

"Apalagi, kita sudah punya 8 juta dari 60 juta unit UMKM yang sudah terhubung dengan wadah digital," jelas Jokowi dalam siaran langsung Microsoft DevCon 2021.

Baca Juga: Microsoft Mau Bangun Pusat Data di Indonesia, Bisa Cetak Cuan Baru Rp88 T!

Baca Juga: Pantas Getol Mau Larang Bitcoin, Ternyata Negara Ini Mau Rilis Duit Digital Sendiri

Menurutnya, Indonesia mesti menambah jumlah UMKM yang masuk ke ranah digital hingga menyentuh angka 10 juta, 15 juta, hingga 20 juta.

"Pelatihan teknologi digital untuk UMKM harus diperbanyak. Saat ini, model pelatihan online sudah kita mulai dalam program Kartu Prakerja yang mayoritas menggunakan pelatihan ringan dan praktis," ujar Jokowi lagi.

Sebagai contoh, pelatihan berupa literasi digital juga akan berjalan di bawah program kerja sama antara Microsoft dan unicorn Bukalapak; melibatkan jutaan penjual di Bukalapak dan keluarganya.

Indonesia sendiri akan mendorong percepatan transformasi digital, dari pemerintahan digital, ekonomi digital, masyarakat digital, hingga infrastruktur digital; itu menjadi salah satu kunci bertahan di tengah pandemi, menjaga produktivitas mesti berada di tengah keterbatasan interaksi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini