Stres Selama Pandemi, Ini yang Bisa Dilakukan Keluarga

Stres Selama Pandemi, Ini yang Bisa Dilakukan Keluarga Kredit Foto: (Foto: Digital Trends)

Kesehatan jiwa menjadi hal yang juga disorot selama pandemi berlangsung. Pandemi tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia secara medis, tetapi juga psikologis.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, menjelaskan, ada beberapa peran keluarga yang bisa dilakukan untuk menghadapi stres ataupun tekanan mental yang terjadi selama pandemi.

Baca Juga: Hindari Berita Hoax, Hindari Stres | Infografis

Pertama, anggota keluarga harus melihat apa yang dibutuhkan oleh anggota lainnya. Kemudian, anggota keluarga juga bisa menjadi pendengar untuk anggota yang merasa stres dan tertekan.

"Lindungi dari situasi lebih buruk, kemudian mengelola harapan," ujar Sonny dalam talkshow yang digelar BNPB secara daring, Kamis (25/2/2021).

Keluarga juga perlu memberi rasa tenang bagi anggota yang merasa stres dan tertekan. Lalu, keluarga juga harus memastikan bahwa anggota keluarga yang mengalami stres dan tertekan untuk mendapatkan solusi alternatif lainnya.

"Keluarga adalah lingkungan terdekat dan menjadi support system yang penting bagi seluruh anggota keluarga," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini