Pemecatan Kader Demokrat Penggagas GPK, Pengamat sebut Bentuk Ketegasan

Pemecatan Kader Demokrat Penggagas GPK, Pengamat sebut Bentuk Ketegasan Kredit Foto: Ant

Keputusan Partai Demokrat memecat kader-kader yang berkonspirasi dengan pihak eksternal untuk mengambil alih kepemimpinan partai tidak mengagetkan pengamat dan akademisi. Meski sudah dipecat, tetapi pergerakan Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya patut diwaspadai.

Akademisi dari Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun mengingatkan bahaya laten intervensi kekuasaan atas partai-partai politik tetap harus diwaspadai.

Menurut Ubedilah, tindakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono untuk mengungkapkan upaya pengambilalihan kepemimpinan melalui jumpa pers (1/2), teguran Presiden Jokowi pada Kepala KSP Moeldoko (5/2) dan pemecatan atas tujuh kader yang terlibat dalam upaya KLB ilegal (26/2) menunjukkan pola kepemimpinan yang khas. 

"AHY terlihat tegas dan terukur dalam mengatasi upaya kudeta atas kepemimpinan partai yang sah," kata Ubedilah dalam keterangan persnya, Sabtu (27/2).

"Meski masih muda, AHY tampaknya bukan tipikal pemimpin yang tergesa-gesa, tapi juga bukan tipe yang lambat mengambil keputusan, ia memasuki episode kepemimpinan yang matang” tegas Ubedilah.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini