Duh, Raja Yordania Ternyata Diam-diam Sambut Menhan Israel saat...

Duh, Raja Yordania Ternyata Diam-diam Sambut Menhan Israel saat... Kredit Foto: AFP/Jordanian Royal Palace

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz diam-diam bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II. Minggu (28/2/2021) surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth melaporkan pertemuan itu digelar di Yordania tapi mereka tidak mengungkapkan kapan tepatnya pertemuan tersebut terjadi.

Gantz ketua partai Blue and White dalam pemilihan Israel yang akan datang. Sebelumnya ia memberitahu anggota partainya ia sedang melakukan pertemuan rahasia dengan pejabat tinggi Yordania.

Baca Juga: Innalillahi! Saat Rayakan Hari Yahudi, Israel Korbankan Masjid untuk Setop Kumandang Azan

Ia juga mengkritik hubungan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan Yordania. Menurut Gantz buruknya Netanyahu merusak hubungan Tel Aviv dengan Amman.

"Saya pikir Yordania aset yang besar bagi Israel dan saya pikir hubungan kami dengan Yordania dapat 1.000 kali lebih baik, sayangnya Netanyahu bukan tokoh yang diinginkan Yordania dan kehadirannya merugikan hubungan kedua negara," kata Gantz seperti dikutip media Turki, Anadolu Agency, Minggu (28/2/2021).

Pihak berwenang Yordania belum memberikan komentar mengenai laporan media Israel. Yedioth Ahronoth melaporkan Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi sudah dua kali bertemu dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman al-Safadi dalam beberapa bulan terakhir.

Surat kabar Israel itu melaporkan para menlu itu membahas mengenai proyek-proyek gabungan yang mungkin dapat dilakukan kedua negara. Yordania berbagi perbatasan terpanjang dengan Israel. Kedua negara menandatangani kesepakatan damai pada tahun 1994.

Yordania negara Arab kedua yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel setelah Mesir. Negeri Piramida menandatangani perjanjian damai pada tahun 1979. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini