Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Algoritma E-A-T?

Apa Itu Algoritma E-A-T? Kredit Foto: Unsplash/Nathana Rebouças
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pembaruan algoritma Google E-A-T adalah bagian dari perubahan besar tentang bagaimana cara Google memberikan peringkat pencarian kepada situs web. Meskipun Google telah melakukan pembaruan kecil selama beberapa kali sehari, pembaruan besar algoritma itulah yang benar-benar memengaruhi kehidupan pemilik situs web. 

Sementara itu, pembaruan algoritma E-A-T sebenarnya tidak menjadi terobosan besar seperti yang lain di beberapa waktu yang lalu (misalnya Mobilegeddon). Namun, pemabaruan itu datang dengan implikasi penting yang harus Anda ketahui. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari apa itu algoritma Google E-A-T, pengaruhnya terhadap penelusuran, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan situs web Anda dapat terus bekerja dengan baik.

Baca Juga: Jadi Tren di Mbah Google, Tengok Total Harta Moeldoko yang Punya Puluhan Tanah

Mengenal Algoritma E-A-T

E-A-T dalam dunia SEO adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness. Konsep ini dibahas dengan sangat rinci dalam Google Quality Raters Guidelines. Menerapkan strategi algoritma E-A-T yang baik di dalam maupun di luar situs Anda berpotensi akan membantu meningkatkan peringkat pencarian Google.

Saya percaya bahwa E-A-T sangat penting bagi kebanyakan situs web. Namun, tidak semua pakar SEO setuju bahwa E-A-T benar-benar menentukan peringkat pencarian Google. Ada sejumlah pakar yang berpendapat bahwa mereka melihat beberapa situs web yang diyakini terpengaruh secara negatif oleh pembaruan Google karena mereka tidak menerapkan algoritma E-A-T secara penuh. 

Pada bulan Februari 2019, Google mengonfirmasi bahwa E-A-T memang merupakan bagian yang sangat penting dari algoritme mereka. Kemudian pada bulan Agustus 2019, Google menerbitkan dokumen tentang pembaruan algoritma inti. Saran mereka, jika Anda telah terpengaruh secara negatif oleh pembaruan inti, maka "kenali pedoman penilai kualitas E-A-T". 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, E-A-T adalah singkatan dari:

Expertise - Seberapa luas pengetahuan pemilik situs atau penulis konten tentang pokok bahasan yang mereka bicarakan. Ini sangat penting, terutama untuk situs YMYL, bukan untuk situs gosip atau sejenisnya.

Authoritativeness - Kredibilitas suatu situs web yang menerbitkan konten. Ini termasuk kredensial, ulasan luar, testimonial, dan lainnya.

Trustworthiness - Memeriksa seberapa dapat dipercaya suatu situs yang dimaksud. Ini berarti mencangkup kualitas situs secara keseluruhan, terutama faktor-faktor penting lainnya seperti keamanan situs.

Singkatnya, pedoman Google E-A-T adalah tentang cara mengevaluasi apakah pengguna dapat mempercayai Anda. Tujuan mempertimbangkannya dengan lebih kuat dalam algoritme penelusuran adalah, memberikan hasil terbaik kepada penelusur untuk menemukan jawaban yang mereka cari.

Apakah Algoritma E-A-T Itu Penting?

Algoritma E-A-T penting dalam hal penelusuran sebuah kueri, tetapi ada yang lebih penting daripada itu. Jika Anda hanya mencari gambar kucing lucu, maka peran E?A-T mungkin tidak akan terlalu penting. Topiknya bersifat subjektif, dan bukan masalah besar jika Anda melihat kucing yang menurut Anda tidak lucu.

Sebaliknya, jika Anda ingin mencari dosis aspirin yang tepat saat sedang hamil, maka algoritma E-A-T tidak diragukan lagi menjadi suatu hal yang sangat penting. Jika Google memunculkan konten tentang topik yang ditulis oleh penulis yang tidak mengerti tentang bahasan tersebut, atau diterbitkan di situs web yang tidak tepercaya dan tidak memiliki otoritas, kemungkinan besar konten tersebut akan ditandai sebagai konten yang tidak akurat, sehingga menurut Google akan menyesatkan penelusur.

Mengingat sifat informasi yang dicari di sini, itu tidak hanya menjadi hal yang merepotkan, tetapi juga berpotensi akan mengancam jiwa seseorang.

Algoritma E-A-T juga penting untuk menangani pertanyaan seperti "cara meningkatkan skor kredit". Di sini, saran dari mereka yang tidak mengerti dan tidak berwenang untuk menjawab sepertinya tidak sah dan tidak bisa dipercaya. Google menyebut jenis topik ini sebagai topik YMYL (Your Money or Your Life).

Beberapa jenis laman atau topik tertentu berpotensi memengaruhi kebahagiaan, kesehatan, stabilitas finansial, atau keamanan seseorang di masa depan. Jika situs Anda membuat konten dengan topik YMYL, maka menerapkan algoritma E-A-T sangatlah penting.

Meningkatkan Kualitas Situs Menggunakan Algoritma E-A-T

Siapa pun yang ingin terus mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari harus mengikuti lanskap SEO yang terus berubah. Perubahan algoritma inti Google selalu menjadi penyebab untuk mengevaluasi ulang strategi Anda.

Termasuk pembaruan algoritma E-A-T, khususnya jika Anda ingin menjalankan situs YMYL. Ini adalah langkah Google lainnya untuk memberikan hasil yang terbaik, paling relevan, dan paling tepercaya kepada para penelusur. Jika kegiatan seperti itu sudah ada dalam agenda pekerjaan Anda, maka Anda mungkin tidak perlu takut. Untuk semua orang, ini adalah kesempatan untuk memikirkan tentang cara dalam meningkatkan performa situs Anda dan membuatnya sesuai dan relevan untuk perubahan di masa mendatang.

Berikut panduan singkat mengenai langkah-langkah dalam menerapkan strategi E-A-T bagi situs web Anda:

1. Evaluasi ulang situs Anda secara keseluruhan dan lihat apakah situs itu sudah berjalan optimal atau belum.

2. Optimalkan halaman “Tentang Anda” untuk menyertakan pembuat E-A-T.

3. Pastikan juga untuk menampilkan keahlian kontributor situs.

4. Ambil tindakan yang tepat untuk mengelola reputasi Anda.

5. Terus tingkatkan konten Anda, baik yang sudah ada maupun yang terbaru.

Dengan hal di atas, Anda seharusnya bisa mengikuti pedoman Google E-A-T dan meningkatkan kualitas situs Anda dalam prosesnya.

Apakah Algoritma E?A-T Berpengaruh Dalam Menentukan Peringkat Pencarian?

Jawabannya iya, setidaknya menurut petinggi Google, Danny Sullivan. Perlu dipahami, untuk sesuatu hal bisa menjadi "faktor penentu peringkat pencarian," maka itu harus menjadi sesuatu yang nyata yang dapat dipahami dan dievaluasi oleh komputer.

Mungkin contoh paling jelas dari penjelasan ini adalah jumlah backlink ke halaman situs.

Google telah meng-crawl situs web lebih jauh dan luas sehingga mereka tahu berapa banyak backlink yang mengarah ke sebagian besar halaman. Mereka dapat dengan mudah membuat program komputer yang memberi peringkat pencarian halaman dengan backlink berkualitas tinggi.

Jika terdapat masalah yang berhubungan dengan keahlian, otoritas, dan kepercayaan, pada dasarnya itu semua adalah konsep buatan manusia dan hanya dapat dimengerti oleh manusia. Anda tidak dapat memberi tahu komputer untuk memberi peringkat halaman dengan E-A-T yang lebih tinggi karena komputer hanya memahami bit dan byte.

Inilah solusi yang ditawarkan Google untuk menanggapi masalah tersebut:

Pertama, teknisi penelusuran mereka memikirkan penyesuaian algoritma yang dapat meningkatkan kualitas hasil penelusuran.

Kedua, mereka menampilkan hasil penelusuran ke Quality Raters dengan atau tanpa penerapan perubahan yang diusulkan. Tugas mereka adalah memberikan masukan kepada Google, dan mereka tidak diberi tahu rangkaian hasil yang mana.

Ketiga, Google menggunakan feedback untuk memutuskan apakah perubahan yang diusulkan dapat berdampak positif atau negatif pada hasil pencarian. Jika hasilnya positif, perubahan tersebut akan diterapkan.

Dengan menggunakan proses ini, teknisi Google dapat memahami sinyal nyata yang sejalan dengan algoritma E-A-T dan akan menyesuaikan dengan algoritma peringkat yang sesuai.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: