Apa Itu Algoritma YMYL?

Apa Itu Algoritma YMYL? Kredit Foto: Reuters/Jason Lee

Konsep YMYL berasal dari pembaruan yang dibuat oleh Google terhadap pedoman penilai kualitas penelusurannya beberapa tahun yang lalu. Dan sejak itu menjadi sumber kekhawatiran bagi pemasar dan pakar SEO.

Jadi, apa itu YMYL? Mengapa YMYL itu penting dan apa faktor penting untuk meningkatkan peringkat halaman atau situs web YMYL? Mari kita simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Algoritma E-A-T?

Definisi Dari Algoritma YMYL

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa YMYL adalah singkatan dari "Your Money or Your Life." Seperti yang tersirat dari namanya, ini dimaksudkan untuk merujuk ke laman atau situs tempat beberapa jenis transaksi moneter terjadi. Tapi ada lebih dari itu, ini juga dapat berlaku untuk berbagai situs yang melibatkan produk, layanan, konsep atau praktik kesehatan yang dapat memengaruhi kesejahteraan pengunjung situs.

Pedoman Google tentang situs YMYL juga sudah ada sejak lama. Pedoman penilai kualitas penelusuran mereka tidak benar-benar mendeskripsikan algoritma peringkat mereka dan sebenarnya hanya diperuntukan bagi karyawan Google untuk mencoba menilai situs web secara objektif menggunakan akal dan rasio manusia (pada dasarnya untuk memberi tahu Google seberapa baik kinerja algoritmanya). Tetapi banyak pemasar dan spesialis SEO mencari mereka untuk menunjukkan kualitas baik apa yang mungkin sedang dipikirkan Google, dan sebagai petunjuk tentang bagaimana cara kerja algoritma tersebut.

Pada bulan September 2019, Google meluncurkan pembaruan pada algoritmanya yang akhirnya mengguncang peringkat untuk banyak situs, terutama situs yang berfokus di dunia kesehatan, kedokteran, dan perawatan.

Ini mendapatkan nama yang tidak resmi sebagai medical update dan menyebabkan banyak situs web perlu memikirkan praktik terbaik untuk mengoptimalkan SEO pada situs YMYL. Ini juga membuktikan bahwa menyediakan konten yang andal dan berkualitas tinggi dalam hasil penelusuran adalah salah satu tujuan utama Google. Google ingin memastikan bahwa penelusur tidak tertipu oleh konten yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mereka atau memberi mereka sebuah informasi dan wawasan yang tidak relevan.

Ini berarti bahwa situs dan halaman situs YMYL perlu menyediakan konten berkualitas tinggi yang dapat memberi mereka peringkat SEO YMYL yang lebih baik. 

YMYL juga merupakan cara Google untuk merujuk pengguna agar menghindari laman web dan konten yang dapat berdampak negatif pada kualitas hidup orang atau keuangan mereka. 

Google memberikan contoh halaman YMYL sebagai berikut:

Berita dan peristiwa terkini: Berita tentang topik penting seperti peristiwa nasional dan internasional, bisnis, politik, sains, teknologi, dan lainnya.

Kewarganegaraan, pemerintahan, dan hukum: Informasi penting yang ditujukan untuk warga negara, seperti informasi tentang pemungutan suara, lembaga pemerintah, lembaga publik, layanan sosial, dan permasalahan hukum.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini