Waspada! Mutasi Covid-19 Jenis Baru Masuk Ke Indonesia, Tingkat Penanganan Akan Berat

Waspada! Mutasi Covid-19 Jenis Baru Masuk Ke Indonesia, Tingkat Penanganan Akan Berat Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa dirinya mendapat laporan adanya mutasi Covid-19 jenis baru yang masuk ke Indonesia.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ujarnya dalam dialog Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi yang disiarkan secara daring dalam saluran Youtube Kemristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Setahun Covid-19, Wamenkes: Stigma Masyarakat Jadi Kendala Proses 3T

Mutasi virus SARS-CoV2 dengan nama B117 UK sendiri pertama kali diidentifikasi di Inggris. Dante menambahkan berdasarkan laporan yang ia terima tadi malam, ada dua kasus infeksi B117 UK di Indonesia.

Dengan adanya mutasi baru virus Covid-19 yang masuk ke Indonesia, Dante mengakui bahwa kesulitan penanganan akan meningkat dengan adanya mutasi baru yang masuk.

"Kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat," tukasnya.

Hasil ini diperoleh setelah proses skrining terhadap virus SARS-CoV2 yang beredar di Indonesia. Dua diantaranya rupanya merupakan B117 UK.

B117 UK sendiri dilaporkan memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dibandingkan jenis virus SARS-CoV2 yang sebelumnya.

 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini