Mutasi Covid-19 Masuk RI, Satgas: Ubah Kebijakan Kalau Perlu

Mutasi Covid-19 Masuk RI, Satgas: Ubah Kebijakan Kalau Perlu Kredit Foto: Antara/FB Anggoro

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membenarkan bahwa adanya kasus infeksi virus SARS-CoV2 tipe B117 UK di Indonesia.

Tipe baru hasil mutasi virus Covid-19 ini terdeteksi di Indonesia dengan jumlah kasus sebanyak dua kasus.

Baca Juga: Waspada! Mutasi Covid-19 Jenis Baru Masuk Ke Indonesia, Tingkat Penanganan Akan Berat

"Betul varian B117 telah ditemukan di RI sebagaimana disampaikan Wakil Menteri Kesehatan," ujar Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan lewat saluran YouTube BNPB, Selasa (2/3/2021) petang.

Sebelumnya, pemerintah sudah melakukan pembatasan untuk kedatangan warga negara asing ke Indonesia sejak adanya laporan temuan mutasi baru virus Covid-19.

B117 UK ini merupakan mutasi dari virus SARS-CoV2 atau yang karib disebut Covid-19 ditemukan pertama kali di Inggris.

Penelitian menunjukkan bahwa tipe mutasi ini memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi dibandingkan virus Covid-19 varian sebelumnya.

"Adanya temuan ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif tersebut. Untuk saat ini petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat akan terus melakukan monitoring terhadap implementasi di lapangan," katanya.

Wiku tidak menutup kemungkinan akan ada kebijakan baru yang diterapkan untuk menanggulangi B117 UK yang masuk ke Indonesia.

Menurutnya ini merupakan langkah adaptif pemerintah melihat situasi yang berkembang dalam proses penanganan Covid-19.

"Pemerintah akan bersikap adaptif dengan situasi dan kondisi yang ada, termasuk perubahan kebijakan jika diperlukan," pungkas Wiku.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini