Setahun COVID di Indonesia, Pemprov DKI sebut Kontribusinya untuk Pencegahan Cuma 20 Persen

Setahun COVID di Indonesia, Pemprov DKI sebut Kontribusinya untuk Pencegahan Cuma 20 Persen Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengakui kebijakan yang dibuat pemerintah hanya efektif 20 persen untuk menekan COVID-19 selama setahun pandemi ini.

"Kebijakan Pemprov DKI mulai dari penerapan sanksi hingga pemberlakuan pembatasan sosial skala besar yang berlangsung selama satu tahun terakhir dalam bentuk ketat hingga longgar, hanya berkontribusi 20 persen untuk mengerem laju penularan SARS-CoV-2," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Menurut Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra DKI Jakarta itu, kontribusi terbesar untuk pencegahan terletak pada kedisiplinan warga untuk mematuhi protokol kesehatan dengan angka sebesar 80 persen.

"Refleksi satu tahun COVID-19, sebagaimana kita ketahui, yang paling penting dari semua adalah kepatuhan, ketaatan, dan kedisiplinan kita," ujar Riza.

DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang dilaporkan virus Corona pada 2 Maret 2020, tepat Selasa ini setahun lalu, saat itu ada tiga orang terkena virus Corona. Hingga 1 Maret 2021, DKI menjadi provinsi dengan kasus terbanyak di Indonesia dengan 341.793 dan 5.528 orang meninggal karena Corona.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini