Apa Itu Instrumen Investasi?

Apa Itu Instrumen Investasi? Kredit Foto: Amar Bank

Instrumen investasi adalah sebuah tempat atau media bagi seseorang atau pelaku usaha untuk melindungi aset yang dimiliki. Instrumen investasi dapat membantu seseorang untuk mencapai tujuan finansialnya, tergantung dengan jangka waktu investasi tersebut.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pahami dahulu berbagai macam jenis instrumen investasi di sini!

Baca Juga: Apa Itu Instrumen Utang?

1. Emas

Emas menjadi jenis investasi yang masih digemari karena keamanannya dan menjadi suatu aset yang mengalami peningkatan nilai. Besarnya harga suatu emas dapat dipengaruhi oleh turun naiknya mata uang USD, ketersediaan tambang emas, serta jumlah permintaan dan penawaran.

2. Saham

Saham adalah jenis investasi berupa membeli saham atau menyertakan modal untuk suatu perusahaan. Dengan penanaman modal ini, Anda akan mendapat keuntungan dari pendapatan perusahaan tersebut. Sebagai investor, Anda juga memiliki hak untuk datang pada acara rapat pemegang saham.

3. Reksadana

Reksadana memiliki cara kerja yang mirip seperti saham. Namun, reksadana dibantu oleh manajer investasi untuk dapat mengumpulkan saham saja, saham dan obligasi atau hanya obligasi. Kumpulan surat berharga itu dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Itulah yang disebut sebagai reksadana.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini